PPPD Zonasi SMA Berakhir, 47.019 Siswa Lakukan Pendaftaran

  • Bagikan

MAKASSAR, RAKYATSULSEL- Pendaftaran Tahap II Jalur Zonasi untuk SMA telah berakhir hari ini, pendaftaran jalur zonasi itu resmi ditutup pada pukul 12.00 Wita, Kamis (6/7/2023).

Kepala UPT TIK Dinas Pendidikan Sulsel, Elix, mengatakan penutupan pendafataran calon siswa baru untuk tingkatan SMA telah berakhir.

Kata dia, sejak dimulainya PPDB jalur Zonasi pada senin (3/7) lalu, sampai pendaftaran ditutup itu, sebanyak 47.019 Siswa telah melakukan pendaftaran.

"Untuk PPDB tahap II SMA (Zonasi) calon siswa yang melakukan pendaftaran itu sebanyak 47.019 Orang," sebut Elix saat dikonfirmasi, Kamis (6/7/2023).

"Untuk penutupannya itu hari ini pukul 12 siang," imbuhnya.

Elix mengutarakan, pun dengan pengumuman hasil PPDB jalur zonasi rencananya akan diumumkan segera. "Pengumuman Jalur zonasi tgl 7 Juli 2023 pukul 7 pagi," ungkapnya.

Sebelumnya, Elix juga menyampaikan bahwa Penentuan siswa yang memiliki jarak rumah dengan sekolah yang sama pada proses PPDB SMA 2023 untuk jalur zonasi bakal ditentukan berdasarkan nilai raport, jarak terdekat dalam sistem titik koordinat tetap menjadi patokan utama kelulusan di jalur zonasi.

""Untuk nilai rata-rata raport di jalur zonasi jadi kriteria kedua, jika pemeringkatan jarak ada yang sama jaraknya," kata Elix.

Ia menuturkan, jalur zonasi PPDB menitikberatkan pada jarak terdekat rumah calon siswa dengan sekolah yang dituju. Hanya saja, ada nilai raport sebagai kriteria kedua yang juga menentukan.

"Selama ada perbedaan jarak sebesar 0,1 meter pun tidak boleh melibatkan nilai rata-rata raport," kata Elix.

Bahkan kata dia, pihaknya sudah melakukan maintenance sistem semenjak adanya trouble yang terjadi di tahap pendaftaran sebelumnya. Elix pun menepis adanya potensi sistem titik koordinat yang tidak mendeteksi rumah casis meskipun ke dalam lorong-lorong. (Abu Hamzah/B)

  • Bagikan