Masuk Bursa Calon Pj Gubernur Sulsel, Bro Rivai: Kita Serahkan Kepada Pengambil Keputusan

  • Bagikan
Laksamana Pertama (Laksma) TNI, Abdul Rivai Ras

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Gubernur Andi Sudirman Sulaiman akan mengakhiri jabatan pada 5 September 2023 mendatang.

Ramai dibicarakan hingga disebut-sebut Laksamana Pertama (Laksma) TNI, Abdul Rivai Ras, masuk dalam bursa calon Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel).

Selain Perwira TNI AL yang akrab disapa Bro Rivai itu, ada enam nama lain yang diusulkan. Bro Rivai kabarnya direkomendasikan oleh dua fraksi DPRD Sulsel, yakni Demokrat dan PDI-Perjuangan

Bahkan Ketua DPD RI, La Nyalla Mattalitti juga akan merekomendasikan ke Mendagri. “Dibutuhkan sosok yang bisa mengembalikan pemerintahan di Sulsel ini ke rel semula. Nah, itu ada pada diri Rivai Ras,” kata La Nyalla.

Dengan adanya dukungan dari Demokrat dan PDIP, maka Bro Rivai sisa membutuhkan usulan dari tujuh fraksi lainnya dari total sembilan fraksi di DPRD Sulsel.

Tiga syarat sudah terpenuhi

Pertama, syarat eselonisasinya sudah terpenuhi sebagai pejabat eselon satu, dan bekerja di lingkungan kementerian lembaga yakni Kemenko Polhukam yang relevan dengan bidangnya sebagai staf ahli bidang Kedaulatan Wilayah dan Kemaritiman, di mana Sulsel adalah provinsi yang berbasis maritim.

Kedua, Bro Rivai putra asli Sulsel. Sosok yang memiliki kompetensi dalam mengawal pemerintahan dan kapasitas dalam menjaga stabilitas keamanan, yang notabene Sulsel merupakan wilayah rawan konflik menjelang pemilu 2024. . Rivai dinilai memiliki kemampuan itu karena berlatar pendidikan Ilmu politik dan ketahanan nasional. Di samping sebagai Pati TNI yang berpengalaman di bidang birokrasi.

Ia pernah mengabdi di Lembaga Kepresidenan, sekmilpres Kemensesneg RI, struktural di Ditjen Stategi Pertahanan. Termasuk pernah menjadi perwira pengelola barang dan jasa Alutsista di Pusalpalhan Baranahan Kemenhan RI, Sahli Panglima Tk II bidang Sosial Budaya, Hukum dan HAM, serta pendiri dan dosen Universitas Pertahanan RI.

Ketiga yang menguatkan Pak Rivai Ras akan menjadi PJ Gubernur Sulsel, karena dikenal dan mengenal wilayah Sulsel yang dinilai cukup luas itu. Baik secara geografis maupun budaya karena kebetulan sebagai putra daerah Sulsel asal Bone juga dekat dengan masyarakat, dunia kampus, dan lembaga agama serta pesantren.

Terkait masuknya namanya sebagai kandidat Pj Gubernur Sulsel, Rivai Ras yang dikonfirmasi hanya mengatakan, bahwa dirinya saat ini belum memikirkan untuk menerima atau menolak, lantaran fokus menjalankan amanah dari Kemenkopolhukam.

“Soal Pj (Penjabat Gubernur Sulsel) kita serahkan saja kepada pengambil keputusan politik pemerintah siapa yang dikehendaki. Saya akan fokus dulu dengan amanah yang baru saja kami terima untuk mendukung tugas Kemenkopolhukam," singkat Bro Rivai. (*)

  • Bagikan