Masyarakat Kelurahan Apala Ramai-ramai Hibahkan Tanahnya, Ini Penyebabnya

  • Bagikan
Masyarakat Kelurahan Apala bergotong royong merintis jalan tani secara sukarela dan swadaya.

BONE, RAKYATSULSEL - Kesadaran masyarakat Kelurahan Apala Kecamatan Barebbo Kabupaten Bone akan pentingnya kepentingan/keperluan umum dalam meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat tidak diragukan lagi.

Hal itu terbukti dengan adanya sejumlah perintisan jalan tani yang merupakan tanah hibah masyarakat dan pengerjaannya perintisannya secara gotong royong dan swadaya.

Bahkan pada hari Selasa (19/07/2023), sejumlah masyarakat Kelurahan Apala kembali melakukan kerja bakti/gotong royong merintis jalan tani yang merupakan tanah hibah masyarakat dengan ukuran panjang sekira 500 meter dan lebar sekira 4 meter.

Kepala Lingkungan I Apala, M. Ramli menjelaskan bahwa dalam kurun waktu hampir dua tahun ini, sudah banyak masyarakat Kelurahan Apala yang menghibahkan tanahnya untuk jalan tani.

"Sejak kepemimpinan Lurah Apala Sainal Abidin, sudah ada beberapa jalan tani yang dibuat dan dirintis. Ini satu kesyukuran karena dulu sangat susah mendapatkan tanah untuk dibuat jalan tani," jelas M. Ramli, Selasa (19/07/2023).

"Sekarang ini tinggal satu lingkungan yang tidak ada jalan taninya dari lima (5) lingkungan di Kelurahan Apala dan rencananya akan dirintis pula dengan anggaran swadaya masyarakat," ujarnya lagi.

Senada, salah satu Ketua Kelompok Tani Kelurahan Apala, H Uddin mengakui, dirinya sudah berkoordinasi dengan Lurah Apala untuk membangun jalan tani di Lingkungan Matekko Kelurahan Apala.

"Dulu, sebelum pak Sainal Abidin jadi Lurah Apala, kami tidak berani berbuat apalagi meminta masyarakat menghibahkan tanahnya, tetapi kini Alhamdulillah masyarakat sendiri yang menghibahkan tanahnya," ujar H Uddin.

"Kami ada rencana akan melakukan penggalangan dana sukarela ke semua petani yang ada di Lingkungan Matekko untuk membangun jalan tani. Pak lurah juga sudah mendukung dan menyetujui, tinggal mau diatur waktu pertemuan untuk membahas pembangunan jalan tani, akan dimulai (start)di mana," pungkasnya. (Enal)

  • Bagikan