Program Pasca Sarjana Prodi Imu Administrasi Publik Unismuh Makassar Lakukan Pendampingan Penelitian Tesis

  • Bagikan
Mahasiswa Pasca Sarjana Ilmu Administrasi Publik Universitas Muhammadiyah Makassar

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Guna mendorong percepatan kelulusan mahasiswa Pasca Sarjana Ilmu Administrasi Publik Universitas Muhammadiyah Makassar menggelar sosialisasi visi-misi dan pendampingan penentuan tema hingga perumusan judul rencana penelitian tesis mahasiswa prodi Ilmu Administrasi Publik (IAP) di Kampus Unismuh Makassar, Rabu (19/7/2023).

Ketua Prodi Magister Ilmu Administrasi Publik Unismuh Makassar Fatmawati mengatakan akselerasi ini merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan dengan tujuan memberikan informasi dan memotivasi kepada mahasiswa yang muaranya adalah mendorong agar mahasiswa dapat selesai tepat waktu. "dimana  masa tempuh kuliah di Prodi IAP bisa terselesaikan kurang dari 2 tahun," katanya.

Dirinya juga menyebutkan Kegiatan ini, juga dirangkaikan dengan kegiatan Sosialisasi Visi Misi Prodi.  

"Sosialisasi Visi Misi bertujuan memperkenalkan dan menyebarluaskan visi keilmuan kepada pemangku kepentingan dalam hal ini kepada dosen, mahasiswa, alumni dan pengguna lulusan MIAP (mahasiswa  Ilmu Administrasi Publik) Unismuh Makassar," ujarnya.

Kegiatan ini kata dia diharapkan para pemangku kepentingan memahami Visi dan Misi Prodi IAP dan Mahasiswa kedepannya dapat berkontribusi secara signifikan terhadap pembangunan negara, "khususnya pada hal-hal yang berkaitan dengan kebijakan publik dan manajemen publik," bebernya.

Dirinya pun mengapresiasi semangat mahasiswa IAP yang antusias menghadiri undangan dan keinginan menyelesaikan program studi tepat waktu. Apalagi dosen yang hadir juga memberikan motivasi dan masukan untuk membekali pengetahuan terkait judul yang akan diangkat menjadi sebuah tesis.

"Yang akan dipresentasikan dalam bentuk proposal judul oleh mahasiswa dan mahasiswi," ucapnya.

Dirinya pun menyebutkan  pada kelas konsentrasi Kebijakan maupun Manajemen diberi referensi dan masukan tentang bagaimana mekanisme penulisan tesis dan artikel/jurnal yang baik agar bisa di publish.

Hal ini sesuai dengan keputusan Menteri dalam rangka meningkatkan mutu hasil karya, yaitu dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No.3 Tahun 2020 Tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi dan Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia No.30 Tahun 2021 Tentang Integritas Akademik Dalam Menghasilkan Karya Ilmiah.

"Kegiatan ini juga dapat memacu peningkatan kualitas pascasarjana Unismuh Makassar," jelasnya.

Dalam kegiatan ini hadir pula beberapa dosen, sekaligus sebagai calon pembimbing tesis bagi mahasiswa IAP diantaranya, Prof Muhlis Madani, M.Si, Dr. Lukman Hakim, M.Si.,  Dr. Abdul Mahsyar, M.Si., Dr. Abdi, M.Pd., dan  Dr. Nuryanti Mustari, M.Si. (Fahrullah/A)

  • Bagikan