PAM Tirta Karajae Tingkatkan SDM Karyawan Hingga Tukang Ledeng dengan Pelatihan Berbasis WebGIS

  • Bagikan

PAREPARE, RAKSUL- Perumda Air Minum (PAM) Tirta Karajae mengadakan Pendidikan dan Pelatihan Pembangunan System Informasi Jaringan Perpipaan dan Pelanggan Berbasis Web-Geographic Information System (WebGIS) selama dua pekan yaitu tanggal 10-24 Juli 2023 bertempat di Ruang Pelatihan Instalasi Pengolahan Air Salo karajae.

Menurut Direktur PAM Tirta Karajae Andi Firdaus Djollong, pelatihan webgis merupakan upaya dalam akselerasi transformasi digital dengan memberikan pelatihan bagi para karyawan termasuk tukang ledeng di lapangan.

"Kesiapan SDM di era digital harus di semua lini, termasuk tukang ledeng di lapangan yang ikut pelatihan pemetaan digital jaringan dan instalasi pipa berikut aksesorisnya" Jumat (21/07/2023)

Ia menambahkan, pendidikan dan pelatihan WebGIS ini bertujuan meningkatkan kompetensi mendesign dan menganalisa kondisi jaringan perpipaan di lapangan yang akan mempercepat pelayanan kepada masyarakat.

"Pemeraan jaringan dan instalasi pipa secara digital dalam bentuk data akan mepermudah sistem kerja, kita upayakan minimalisir keluhan pelanggan,” jelasnya.

WebGIS merupakan pengembangan dari aplikasi Sistem Informasi Geografis berbasis web yang terintegrasi, sehingga WebGIS memiliki berbagai fitur serta dapat menampilkan dan menganalisis data yang dapat diakses melalui jaringan internet.

Dalam kegiatan itu, bertindak sebagai Pemateri Bimasakti Altera, Gede Pande, peserta pelatihan di latih agar dapat melakukan digitalisasi peta jaringan pipa serta aset aset lapangan Pam Tirta Karajae untuk di petakan secara digital pada sistem webGIS.

“Secara teknis akan mempermudah akses lapangan melaui data base yang dimiliki WebGIS.

Dia mencontohkan kinerja Hubungan Pelanggan ketika menerima pendaftaran pelanggan baru, webgis secara otomatis akan menyiapkan data digital titik lokasi dan ketersediaan instalasi di spot pelanggan tersebut.

Selain pelatihan digitalisasi data base, webGIS pam tirta karajae akan di lengkapi data visual zona pelayanan, instalasi jaringan pipa dan rencana pengembangan data.

"Selain data digital, webgis PAM Tirta akan dilengkapi data visual zona pelayanan, instalasi jaringan pipa dan rencana pengembangan data yang sudah ada sebelumnya."
tandasnya. (*)

  • Bagikan