Digugat Panji Gumilang, Ridwan Kamil: Saya Bersumpah Jaga Jawa Barat dan NKRI

  • Bagikan
Ridwal Kamil

JAKARTA, RAKYATSULSEL -- Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil, memberikan respons terkait gugatan yang dilayangkan Pimpinan Pondok Pesantren Al Zaytun Panji Gumilang terhadap dirinya.

Tak diambil pusing, pria yang karib disapa Kang Emil itu mempersilakan Panji jika ingin menggugat dirinya.

"Silakan saja karena ini adalah negeri hukum. Justru baik agar permasalahan bisa terang benderang. Ini hanya urusan peradilan duniawi," ujar Kang Emil dalam keterangannya (23/7/2023).

Dikatakan Kang Emil, sebagai orang nomor satu di Jabar, dirinya telah bersumpah untuk menjaga Jabar dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Sebagai pemimpin Jawa Barat, saya sudah bersumpah untuk menjaga Jawa Barat dan NKRI serta berkewajiban membela umat dan syariat dari hal-hal yang membahayakan dan meresahkan," ucapnya.

Lebih lanjut kata Kang Emil, dirinya selalu meminta dan mendengarkan nasihat-nasihat para ulama di Jabar sebelum mengambil keputusan terkait keumatan.

"Bagian dari nasehat almarhum kakek saya KH Muhjiddin, Panglima Hizbullah NU pada jaman kolonial, agar keturunannya selalu bela agama dan negara," tukasnya.

  • Bagikan