Bawaslu Temukan Lima Bacaleg Ganda, Dua ASN

  • Bagikan
Komisioner Bawaslu Kota Makassar, Dede Arwinsyah (Baju Putih berdiri) saat melakukan pengawasan verifikasi administrasi pencalonan Bakal calon Legislatif di Kantor KPU Makassar. (Foto Fahrullah)

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Makassar saat ini sudah menemukan lima Bakal calon Legislatif (Bacaleg) yang ganda pada saat komisi Pemilihan Umum (KPU) Makassar melakukan verifikasi administrasi (Vermin) tahap dua ini. Baik itu ganda internal maupun eksternal.

"Ganda internal itu 2 dan ganda eternal 3 orang," kata komisioner Bawaslu kota Makassar, Dede Arwinsyah.

Untuk ganda ekternal kata dia, KPU nantinya akan meminta kepada Bacaleg tersebut untuk memilih partai mana yang dia akan pilih. Apakah partai A atau partai B.

"Harus mengundurkan diri apakah partai A atau partai B," ucapnya.

Untuk ganda internal kata Dede belum bisa berkomentar banyak karena kewenangan untuk menyatakan Bacaleg tersebut Tidak Memenuhi Syarat (TMS).

"Hasilnya belum bisa kami sampaikan karena prosesnya (verifikasi administrasi) masih berjalan di KPU," bebernya.

Bukan hanya Bacaleg ganda, Bawaslu juga menemukan Aparatur Sipil Negara (ASN) yang terdaftar sebagai Bacaleg. Namun Dede tak ingin menyapaikan partai mana. "Ada dua orang ASN," ucapnya.

Namun kata dia, dua ASN tersebut sampai saat ini belum memiliki surat persetujuan dari instansi mereka jika sudah mundur sebagai ASN.

"Baru surat pengunduran diri sebagai ASN dan tanda terima permohonan pengunduran diri," ujarnya.

Dirinya juga menyebutkan saat ini sudah menemukan dua ASN terdaftar sebagai Bacaleg oleh partai politik. Dua orang tersebut memasukan persyaratan pengunduran diri sebagai ASN dan tanda terima dari pengunduran dirinya.

"Kalau penentuan TMS (Tidak Memenuhi Syarat) dan MS (memenuhi Syarat) setelah ada surat dari instansinya (sebagai ASN) tapi ini prosesnya jelang penetapan DCT (Daftar Calon Tetap)," jelasnya. (Fahrullah/B).

  • Bagikan