KPU Bantaeng Temukan Tiga Bacaleg Terdaftar di Parpol Berbeda

  • Bagikan
(Dokumen RakyatSulsel)

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.CO -  Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bantaeng membeberkan jika ada beberapa bakal calon Legislatif (Bacaleg) memilih dua Partai Politik (Parpol) untuk ikut berkompetisi pada Pemilu 2024 mendatang.

Komisioner KPU Kabupaten Bantaeng, Lukman HS mengatakan jika ada tiga Bacaleg memilih partai berbeda. Sementara ganda internal kata dia tidak ada.

"Kalau ganda eksternal ada tiga, PPP-PKS dan Golkar-Demokrat, yang satunya saya lupa," kata Lukman HS, saat dikonfirmasi, Senin (31/7/2023).

Namun kata dia, Caleg ganda eksternal tersebut sudah menentukan sikap kemana dia akan bertarung. "Seperti pak Darwis namanya ada di Golkar dan Demokrat, pak Darwis memilih Demokrat. Sementara yang satu antara PPP dan PKS dia memilih PPP," ujarnya.

Sehingga kata dia parpol yang kekurangan Bacaleg karena ganda internal masih diberikan waktu untuk menggantinya. Seperti yang dialami PKS dan Golkar di Kabupaten Bantaeng.

"Ganda ini (eksternal) akan mengisi slot yang kosong dari tanggal 6-11 Agustus," jelasnya.

Disinggung soal dokumen yang belum lengkap, Lukman menyebutkan masih ada beberapa sehingga mereka masih bisa melakukan perbaikan dari tanggal 6-11 Agustus 2023.

"Beberapa partai masih ditemukan beberapa data Bacalegnya masih ceklis, sehingga kita kembalikan untuk perbaikan. Misalnya ada dokumen dia tidak masukkan dia juga ceklis," bebernya.

Berapa jumlah Bacaleg, Lukman menyebutkan hanya sebagian kecil saja, bahkan kata dia ada sekitar satu dua Parpol Bacaleg mereka sudah Memenuhi Syarat (MS).

"Hanya sekitar satu dua saja (Bacaleg) setiap Parpol," tutupnya.

Pada Pemilu 2024 nanti di Kabupaten Bantaeng hanya diikuti oleh 14 Partai Politik (Parpol) dari 18 peserta Pemilu secara nasional karena 4 Parpol tidak menyerahkan Bacaleg mereka ke KPU.

Yakni Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Kebangkitan Nusantara (PKN), Partai Buruh dan Partai Garuda. (Fahrullah/B) 

  • Bagikan