9 ASN Ikuti Ujian Kompetensi Lintas Instansi ke Kemenkumham RI

  • Bagikan

Kabag Umum Kemenkumham Sulsel Berpesan Agar Tidak Terjebak Dengan Janji-Janji Kelulusan

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Sebanyak 9 (sembilan) peserta dari kalangan Aparatur Sipil Negara (ASN) mengikuti Ujian Kompetensi meliputi Penilaian Potensi, Kompetensi Manajerial, dan Sosio Kultural pada proses seleksi administrasi Pindah Instansi ke dalam Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia (Kemenkumham RI) Tahun Anggaran 2023 yang diselenggarakan oleh Pusat Penilaian Kompetensi Badan Penyelenggara Sumber Daya Manusia (BPSDM) Hukum dan HAM secara daring.

Ujian Kompetensi dilaksanakan di Ruang Perpustakaan Kanwil Kemenkumham Sulsel, Selasa (01/08).

Dalam kesempatan ini, Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenkumham yang dalam kesempatan ini diwakili oleh Kepala Bagian Umum Kemenkumham Sulsel, Basir, mengapresiasi kepada sembilan peserta wilayah Sulawesi Selatan yang telah melewati tahap seleksi administrasi beberapa waktu lalu.

Basir kemudian menyampaikan jika peserta ujian kompetensi ini telah berhasil sampai tahap akhir, peserta tidak langsung diangkat menjadi Jabatan Fungsional Tertentu (JFT). Melainkan para peserta akan memperoleh jabatan sesuai dengan jabatan di instansi mereka sebelumnya.

“Peserta dapat diangkat sebagai JFT apabila formasi JFT tersedia di Kemenkumham. Pengangkatkan pegawai akan ditentukan berdasarkan pertimbangan formasi dan pertimbangan anggaran.” ungkap Basir.

Lanjut Basir, uji kompetensi ini akan dinilai berdasarkan hasil kemampuan peserta. Untuk itu, Basir mengingatkan kepada peserta agar tidak terjebak dengan janji-janji kelulusan oleh pihak yang tidak bertanggungjawab.

“Semuanya berproses sesuai dengan kemampuan bapak/ibu,” pinta Basir.

Basir lalu berpesan kepada peserta ujian yang telah diterima dan mulai bekerja di Kemenkumham nantinya agar dapat mengembangkan kompetensi dan keterampilannya masing-masing.

Terakhir, Basir mengajak kepada seluruh peserta ujian agar tidak sembarangan mengunggah di media sosial dan selalu bijak menggunakan media sosial.

“Tidak perlu dipublikasi terkait apapun dalam pelaksanaan ujian ini,“ harap Basir.

Basir juga melakukan obrolan santai dengan para peserta ujian kompetensi untuk mencairkan suarana yang terasa sedikit tegang sebelum ujian dimulai. Hadir pula Kepala Subbagian Kepegawaian dan Rumah Tangga Andi Rahmat beserta jajarannya. (*)

  • Bagikan