Hamka B Kady Tinjau Langsung Pembangunan SPALDS di Desa Patikarya

  • Bagikan
Anggota Komisi V DPR RI, Hamka B Kady, saat meninjau langsung pembangunan Sistem Pengolahan Air Limbah Domestik Setempat (SPALDS) di Desa Patikarya, Kecamatan Bontosikuyu, Kabupaten Kepulauan Selayar.

SELAYAR, RAKYATSULSEL - Anggota Komisi V DPR RI, Hamka B Kady, memiliki perhatian yang cukup besar terhadap hak masyarakat akan sanitasi sehat dan layak. Melalui aspirasinya, ia membangun 21 unit Sistem Pengolahan Air Limbah Domestik Setempat (SPALDS) di Desa Patikarya, Kecamatan Bontosikuyu, Kabupaten Kepulauan Selayar.

Untuk memastikan pembangunan SPALDS tersebut tepat sasaran dan sesuai perencanaan, Hamka B Kady turun langsung melakukan peninjauan di Desa Patikarya, Senin, 7 Agustus 2023. Pembangunan SPALDS senilai Rp350 juta tersebut menggunakan anggaran pemerintah pusat, melalui APBN 2023.

"Air limbah tentunya merupakan suatu hal yang perlu diperhatikan karena berpotensi mencemari lingkungan yang selanjutnya bisa berdampak buruk bagi makhluk hidup termasuk manusia," kata Hamka B Kady.

Anggota DPR RI Dapil Sulsel 1 ini menjelaskan, masyarakat memiliki hak menikmati fasilitas sanitasi yang sehat dan layak. Dan pemerintah berkewajiban menyiapkan fasilitas tersebut.

"Alhamdulillah, ini hasil koordinasi saya dengan Kementrian PUPR. Semoga bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya," ujarnya.

Ia menambahkan, pembangunan sarana dan prasarana air limbah masyarakat, merupakan program yang penting untuk dilaksanakan. Mengingat, aspek pengelolaan air limbah sangat berkaitan dengan kesehatan dan lingkungan hidup masyarakat. (*)

  • Bagikan