Aksi Peduli Sampah Pelajar SMP 1 Pangkep di Lomba Gerak Jalan Indah Tuai Pujian

  • Bagikan

PANGKEP, RAKYATSULSEL - Aksi peduli sampah diperlihatkan sejumlah pelajar OSIS UPT SMP Negeri 1 Pangkep, saat ratusan peserta ikuti lomba gerak jalan indah tingkat pelajar se-kabupaten Pangkep, Sabtu (12/08/2023). 

Pelajar yang berjumlah kurang lebih 10 orang tersebut memang luput dari pandangan, lantaran mereka berjalan di sela barisan peserta, sembari menenteng plastik sampah berukuran besar, menyisir jalur yang dilalui peserta gerak jalan.

Saat ditanya, pelajar tersebut hanya tersenyum, sambil sibuk memungut sampah plastik dan kertas yang berceceran di jalan.

"Iya pak, kami dari OSIS dan pecinta lingkunga SMP 1," ujarnya singkat.

Aksi inipun tuai pujian dari masyarakat, salah seorang warga Sari yang ikut menyaksikan lomba gerak jalan santai mengaku bangga atas aksi yang dilakukan pelajar tersebut.

"Ini harus dicontoh semua peserta, kalau seperti ini, selain kita dapat hiburan, kita juga dapat bersihnya, karena pengalaman setiap acara seperti ini, pasti banyak sampah yang berserakan," singkat Sari.

Dihubungi terpisah, Kepala UPT SMP 1 Pangkajene, Dr. Mansyur Eppe mengaku jika hal tersebut memang sudah menjadi kebiasaan anak didiknya disaat ada pelibatan kegiatan diluar sekolah.

"Sudah menjadi kebiasaan anak didik kami, dan memang aksi nyata hidup bersih dan bertanggung jawab tersebut kami ajarkan di sekolah dan harus bisa dibawa ke masyarakat," ungkap Mansyur Eppe.

Dia berharap tidak hanya SMP 1 Pangkajene, sekolah lain bisa mencontoh dan menerapkan hal tersebut khususnya di kegiatan kegiatan serupa yang berpotensi memproduksi sampah baru.

"Kita harap sekolah lain bisa ikut mengkampanyekan ini, karena tidak lagi sekedar slogan buanglah sampah pada tempatnya akan tetapi sampahmu, adalah tanggungjawabmu," tambahnya.

Di lomba gerak jalan indah tingkat pelajar untuk menyemarakkan HUT Kemerdekaan RI ke 78, UPT SMP 1 Pangkajene mengikutkan sejumlah barisan kelompok, termasuk dua pleton pasukan Paskibra, yang tahun ini menyandang status juara bertahan.

Gerak jalan indah tingkat pelajar se-kabupaten Pangkep, diikuti

Sebanyak 84 peserta tingkat sekolah dasar(SD), 39 peserta tingkat sekolah menengah pertama(SMP) dan 42 peserta tingkat sekolah menengah atas(SMA).

Lomba gerak jalan indah tingkat pelajar disaksikan langsung bupati Pangkep, Muhammad Yusran Lalogau, ketua TP PKK, forkomipda dan ribuan masyarakat.

Dengan rute gerak jalan mulai dari pelataran Stadion Andi Mappe, kemudian melintas di jalan Matahari, Jalan Cendana Barat, Jl. Sukowati dan finish di Tugu Bambu Runcing. (Atho)

  • Bagikan