Bimbel BTA Tumbuh Bersama Siswa Berprestasi di Sulsel

  • Bagikan

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Menjadi juara OSN (Olimpiade Sains Nasional) merupakan mimpi bagi siswa-siswa berprestasi mulai dari jenjang SD, SMP, dan SMA. Perlombaan ini merupakan kompetisi olimpiade yang setiap tahunnya diselenggarakan oleh
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik indonesia.

Antusiame siswa di seluruh Indonesia yang begitu besar tentunya menjadi landasan utama BTA 8 Jakarta Cabang Sulawesi Selatan untuk turut serta mengiringi langka siswa-siswi dengan melakukan pembinaan dan persiapan
menghadapi lomba-lomba tersebut.

Setelah perjuangan panjang yang tentunya tidak mudah mereka lalui, kini tiba saatnya langkah mereka menuju perjuangan akhir pada ajang lomba OSN tingkat nasional yang akan di selenggarakan pada tanggal 28 agustus - 2 September 2023.

Hal itu diungkapkan Direktur Operasional BTA 8 Jakarta Cabang Sulsel, Ikhsan, Senin (14/8/2023).

"Hal yang sangat menggembirakan di tahun ini, siswa-siswi kelas olimpiade BTA 8 Jakarta Cabang Sulawesi Selatan lolos ke tingkat nasional," kata dia.

Salah satunya, di bidang studi matematika adalah Andi Ailsa Aqilah Putri dari SMPN 6 Makassar dan Muh. Mullashadra Alfaraby dari MTsN 1 Makassar. Bidang Fisika SMA tahun 2023 diwakili oleh satu siswa, yaitu Muh Avilah Zaky R dari SMA Islam Athirah I Makassar.

Pada tahun ajaran 2022/2023, siswa BTA berhasil meraih berbagai medali bidang Matematika jenjang
SD, Matematika jenjang SMP dan IPA jenjang SMP dari beragam ajang perlombaan. A.Muh Ahza Anwari dari SMP Islam Athirah I yang berhasil mendapatkan medali perak pada ajang Olimpiade Sains Nasional 2022.

Siswa di bidang Matematika jenjang SMA terpilih menjadi delegasi Indonesia pada kompetisi Matematika Internasional, Bulgaria International Mathematics Competition 2023. Ananda Andi Ailsa Aqilah Putri (SMPN 6 Makassar) tidak kalah hebat juga berhasil mewakili Sulawesi Selatan di bidang OSN Matematika jenjang SMP 2023 tingkat Nasional, mendapatkan medali emas pada lomba Indonesian Student Science Competition (ISCC) 2023 bidang Matematika SMP tingkat Nasional hingga menjadi juara 1 pada perlombaan Kompetisi Sains Madrasah (KSM) bidang Matematika SMP tingkat Kota Makassar, serta berbagai prestasi lainnya.

Selain itu, Harold Roderick dari SMA Katolik Rajawali yang tidak hanya sukses memperoleh Medali Emas pada lomba Biologi Internasional, International Applied Biology Olympiad 2022. Ananda Harold Roderick juga berhasil mendapatkan Medali Perunggu pada kompetisi internasional, International Research
Competition for Young Scientists 2022.

"Kebanggan ini muncul dari rekam jejak prestasi-prestasi tersebut, sebagai bentuk apresiasi guru dan sekolah memberikan kehormatan kepada siswa berprestasi yaitu memberikan beasiswa 100 persen kepada siswa yang bersangkutan karena percaya dengan kompetensi serta potensi besar yang siswa miliki," lanjutnya.

Novelya Putri Ramadhani yang berasal dari SMP Islam Athirah I dan berhasil mendapatkan beasiswa full di SMA Karisma Bangsa. Ada juga Andi Ghiyas Aqeel (SMP Islam Athirah II), Abdul Ghany Afandy (SMP Islam Athirah I), A. Muh. Ahza Anwari (SMP Islam Athirah
I), dan A. Muh Fajril Pratama (SMP Islam Athirah I) dimana semua siswa tersebut diatas mendapatkan beasiswa 100 persen di SMA Taruna Nusantara.

Pencapaian prestasi juga terjadi pada siswa kelas 12 SMA, pencapaian terbesar mungkin dapat diukur dari kelulusannya di PTN unggulan.

"Pada tahun ajaran yang lalu, BTA sangat bersyukur karena dapat memberikan pelayanan terbaik sehingga banyak siswa dinyatakan lulus di berbagai kampus tidak hanya di Makassar tetapi juga di kampus unggulan di Pulau Jawa seperti Universitas Indonesia, Institut Teknologi Bandung, Universitas Airlangga, Universitas Brawijaya, dan kampus negeri lainnya,"

  • Bagikan