Antisipasi Macet, Begini Rekayasa Lalu Lintas Selama Pagelaran F8 

  • Bagikan
Ilustrasi rekayasa Lalulintas selama pagelaran F8

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Dinas Perhubungan Kota Makassar kembali melakukan rekayasa lalu lintas di beberapa titik di Kota Makassar. Seperti akses satu arah di Jalan Haji Bau dengan balik arah dari sebelumnya dan Jalan Lamadukkelleng juga balik arah dari sebelumnya. 

Rekayasa lalu lintas itu guna mendukung kelancaran selama perhelatan International Eight Festival and Forum atau F8 berlangsung. 

Perhelatan F8 akan berlangsung di kawasan Anjungan Pantai Losari selama lima hari mulai tanggal 23 hingga 27 Agustus 2023 mendatang. 

Pengunjung dapat mengakses jalan ke lokasi F8 dengan memarkir kendaraan di sepanjang Jalan Lamadukkelleng, Jalan Muchtar Lutfi dan di Kawasan CPI yakni di Tugu MNEK. 

Pasalnya, sepanjang ruas Jalan Penghibur ditutup total selama pagelaran F8 berlangsung. 

"Jalan Metro Tanjung Bunga mengarah ke Jalan Haji Bau awalnya dari arah timur ke barat sekarang dari barat ke timur satu arah," ujar Kepala Dinas Perhubungan Kota Makassar, Aulia Arsyad, saat ditemui usai peresmian Jalan Opu Daeng Risaju, Selasa (22/8). 

Aulia melanjutkan untuk Jalan Lamadukkelleng ada perubahan arah jalur lalu lintas, yang sebelumnya dari utara ke selatan, kini menjadi arah sebaliknya. "Disini mengalami penyempitan karena ada parkir kiri kanan," ucao Aulia. 

 Aulia menuturkan untuk Jalan Arif Rate dapat lurus ke Jalan Opu Daeng Risaju. "Jalan Garuda satu arah dari arah Jalan Opu Daeng Risaju. Sementara dari arah Rajawali dilarang masuk ke Jalan Garuda. Tapi Jalan Opu Daeng Risaju tetap dua arah," terang Aulia. 

Untuk itu, Aulia menuturkan akan menurunkan personil sebanyak 315 orang untuk ditugaskan mengatur di seluruh titik-titik rekayasa lalu lintas. "Titik pertemuan jalur sampai Jalan Hasanuddin," ucap Aulia 

Tak hanya mengatur rekayasa lalu lintas, Aulia menyebut pihaknya telah berkoordinasi dengan pihak Perumda Parkir Kota Makassar mengenai titik-titik parkir kendaraan selama perhelatan F8 berlangsung. (Shasa/B)

  • Bagikan