Rangkaian Dies Natalis Unhas ke-67, Civitas Akademika Ziarah ke Makam Sultan Hasanuddin

  • Bagikan
Civitas Akademika Unhas saat ziarah ke pekuburan keluarga besar Unhas, Jumat (8/9/2023).

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Sebagai bagian dari rangkaian Dies Natalis ke-67, Rektor Universitas Hasanuddin Prof. Dr . Ir. Jamaluddin Jompa, M.Sc., beserta jajaran pimpinan lingkup Unhas melakukan kunjungan ziarah Makam Sultan Hasanuddin dan pekuburan keluarga Unhas. Kunjungan berlangsung pukul 08.00 Wita di Kecamatan Somba Opu, Kabupaten Gowa, Jumat (8/9/2023).

Dalam kesempatan tersebut, Rektor Unhas Prof. JJ menyampaikan kegiatan tersebut merupakan rutinitas yang dilakukan sebagai bentuk penghargaan, sekaligus mengenang Sejarah kepahlawanan Sultan Hasanuddin.

"Melalui ziarah makam diharapkan semakin meningkatkan motivasi dan semangat bagi para sivitas akademika untuk terus berperan membentuk Unhas lebih unggul dan berkualitas," harapnya.

Lanjut dia, ini menjadi salah satu agenda rutin yang tiap tahun dilakukan, selain sebagai rangkaian Dies Natalis ke-67, ini juga menjadi pengingat tentang sejarah Sultan Hasanuddin.

"Yaitu semangat membara dan bentuk perjuangan peradaban pasa saat itu dengan harapan harus punya semangat yang tinggi dalam membangun peradaban unhas kedepannya," jelas Prof. JJ.

Sebelumnya, kegiatan diawali dengan cerita sejarah singkat Sultan Hasanuddin yang disampaikan oleh Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Fakultas Ilmu Budaya (Dr. Mardi Adi Armin, M.Hum) yang menggambarkan perjuangan Sultan Hasanuddin melawan penjajah dan semangat tinggi mempertahankan kerajaan gowa kala itu.

Setelah ziarah makam Sultan Hasanuddin, selanjutnya rombongan Unhas melakukan ziarah ke pekuburan sivitas akademika Unhas di Patte’ne. Secara umum, kunjungan ziarah makam Sultan Hasanuddin dan Pekuburan Sivitas Akademika Unhas merupakan rangkaian rutin yang dilakukan. (Yadi/A)

  • Bagikan