Dana Pemilu Jadi Prioritas Pj Gubernur Sulsel, Pengamat: Tunda Program Tak Maksimal

  • Bagikan
Pj Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Menyoal dengan kesiapan dana Pemilu pun dana Pilgub 2024 yang saat ini menjadi prioritas Pj Gubernur Sulsel Bahtiar Baharuddin yang tak menutup kemunginan akan menggeser persiapan program lain, diharapkan mampu memilah dengan baik program yang bakal digeser itu.

Pengamat Politik, Sukri Tamma menyampaikan atmosfir pesat politik sudah mulai terasa, tentu Pemerintah Daerah akan diperhadapkan dengan persiapan pemilu dan Pilkada yang mesti menjadi prioritas.

Kata dia, urgensi dari kesiapan dana pemilu itu sanget mempengaruhi keberlangsungan pemerintahan nantinya, kemampuan manajemen para kepala daerah tentu akan diperhadapkan dengan pemilahan program yang dapat dimaksimalkan.

“Pemerintah daerah itu pasti akan diperhadapkan pada prioritas kegiatan, tentu yang dimaksud gubernur kalau ada yang masih memungkinkan untuk digeser atau ditunda pelaksanaannya, sementara ada yang lebih prioritas (Dana Pemilu),” sebutnya saat dikonfirmasi, Minggu (10/9/2023).

Ia mengutarakan, sekaitan dengan program prioritas dan yang akan dilakukan penggeseran waktu pelaksanaannya tentu akan ditelaah baik dan telaten oleh Pj Gubernur.

“Karena saya yakin pak gubernur tidak mungkin akan menggeser anggaran yang programnya yang sedang berjalan, atau programnya berjalan dengan baik misalnya, itu tidak mungkin digeser,” paparnya.

Bahkan kata dia, evaluasi terhadap program pemerintah Provinsi Sulsel juga mesti dilakukan untuk memberi penilaian kepada program yang dapat untuk tetap dilanjutkan dan melihat program yang bisa dikerjakan nanti.

“Yang dilihat kan tentu pak gubernur akan mengevaluasi, pada kegiatan-kegiatan yang tidak maksimal kalau masih bisa diprioritaskan yang lain dulu dan fokus menyiapkan anggaran pemilu dan pilkada yang sangat besar pengaruhnya. dan kemudian mengurangi, intervensinya kepada program prioritas,” tukasnya.

Sebelumnya, Bahtiar Baharuddin menyampaikan, ketersediaan dana Pemilu dan Pilkada akan  menjadi bahasan Pemprov Sulsel bersama dengan DPRD Sulsel dalam waktu dekat ini.

Kata dia, sekaitan dengan ketersediaan anggaran Pilkada 2024 nantinya itu mulai merujuk pada persentase besaran yang bakal direalisasikan untuk tahun ini.

“Anggarannya (Pilkada 2024) segera dibahas, Senin (11/9/2023) Pj Sekda diundang DPRD Sulsel untuk membahas dan memastikan ketersediaan anggaran 40 persen tahun ini dan tahun depan 60 persen anggaran untuk Pilkada,” tuturnya. (Abu/B)

  • Bagikan