Ini Program Aisyah untuk Petani dan Pelaku UMKM

  • Bagikan
Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) DPR RI Partai Gerindra Dapil Sulsel III Aisyah Tiar Arsyad saat memaparkan Program dalam diskusi di kafe Zero, Senin (18/9/2023).

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) DPR RI Partai Gerindra Dapil Sulsel III Aisyah Tiar Arsyad berkomitmen memperjuangkan kesejahteraan petani dan UMKM.

Sejumlah program yang diperjuangkan di DPR RI antara lain bantuan permodalan dan pendampingan bisnis bagi pelaku UMKM serta politik anggaran dan regulasi perlindungan untuk meningkatkan kesejahteraan petani.

“Selain dibantu modal, tentunya juga UMKM harus dibina secara intensif sampai berhasil scale up bisnisnya. Karena itu saya akan memperjuangkan pendirian pusat inkubasi startup untuk pelaku UMKM,” kata Aisyah dalam diskusi di kafe Zero, Senin (18/9/2023).

Dirinya juga akan memperjuangkan nasib petani. Selain memberikan perlindungan kepastian harga dan perlindungan lahan pertanian melalui regulasi, ia juga akan memperjuangkan anggaran untuk bantuan pupuk dan peralatan pertanian berbasis digital.

Misalnya bantuan traktor listrik, bantuan drone untuk mempercepat pemupukan, serta bantuan bagi startup digital dan hibah pengabdian bagi akademisi yang memberikan solusi teknologi seperti penggunaan AI dan IoT untuk mengefisienkan dan mengefektifkan proses pertanian.

“Karena berdasarkan data BPS, jumlah petani itu semakin sedikit dan didominasi usia 45 tahun ke atas. Mayoritas generasi muda tidak lagi tertarik untuk bertani karena dianggap kurang menguntungkan. Nah berbeda ceritanya bila pertanian menggunakan teknologi moderen dan terotomatisasi, tentu akan lebih banyak generasi muda yang tertarik,” bebernya.

Aisyah juga menuturkan alasan ia terjun ke dunia politik karena dia menyadari bahwa memiliki wewenang dalam menentukan kebijakan jika dia sebagai wakil rakyat. "Itu jauh lebih berhasil dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat ketimbang berjuang sendiri melalui CSR-CSR perusahaan yang saya miliki,” jelasnya. (Fahrullah/B)

  • Bagikan