Kepindahan Demokrat ke Prabowo Pengaruhi Suara Demokrat di Daerah

  • Bagikan
Direktur Politik Profetik Institute Asratillah

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Beberapa bakal calon legislatif (Bacaleg) Partai Demokrat yang sudah setia dengan Anies Rasyid Baswedan berpotensi bertahan mendukung mantan Gubenur DKI Jakarta tersebut.

Direktur Politik Profetik Institute, Asratillah mengatakan,memang berpindahnya Demokrat ke koalisi Prabowo bisa dikata mendadak. Perpindahan Demokrat didorong oleh tidak dicapainya kesepakatan dengan pihak Anies Baswedan.

"Tentu ini sedikit banyaknya mempengaruhi performance Demokrat di pentas pileg nanti," katanya.

Dirinya menyebutkan tidak bisa dipungkiri ada beberapa figur yang memutuskan mencaleg melalui partai Demokrat, dikarenakan Demokrat sebelumnya hampir dipastikan mendukung Anies Baswedan.

"Dengan beralih koalisi, secara otomatis membuat beberapa caleg mesti memikirkan ulang model komunikasi politik yang akan mereka gunakan saat pileg nanti," ujarnya.

Selanjutnya kata Asratillah tidak menutup kemungkinan akan masih ada caleg yang secara personal mengkampanyekan Anies Baswedan. "Walaupun secara terang-terangan memperlihat dukungan ke Anies," bebernya.

Demokrat kata Asratillah mesti memperkuat wacana rasionalisasi meninggalkan Anies, karena bagaimana pun sebagian konstituen Demokrat telah terlanjur menaruh hati pada Anies.

"Di tingkat DPP barangkali peralihan dukungan capres bisa berjalan mulus, namun tidak demikian di tingkat cabang dan ranting (akar rumput)," jelasnya. (Fahrullah/B)

  • Bagikan