Serahkan Bantuan Alat Tangkap, Bupati Maros Harap Produksi Nelayan Semakin Meningkat

  • Bagikan
Dinas Perikanan Kabupaten Maros menyalurkan alat tangkap kepiting, kompas dan pelampung di Desa Marannu Kecamatan Lau Kabupaten Maros, Jumat (29/09/2023).

MAROS, RAKYATSULSEL -- Dinas Perikanan Kabupaten Maros menyalurkan alat tangkap kepiting, kompas dan pelampung di Desa Marannu Kecamatan Lau Kabupaten Maros, Jumat (29/09/2023).

Penyerahan bantuan ini diserahkan langsung secara simbolis oleh Bupati Maros, AS Chaidir Syam kepada dua perwakilan kelompok Usaha Bersama (KUB) nelayan.

Bupati Maros, AS Chaidir Syam mengatakan untuk di Desa Marannu pihaknya menyalurkan alat bantu Rakkang sebanyak 1427 bubu, serta masing-masing 15 unit pelampung dan kompas.

"Untuk di Kecamatan Lau total bantuan yang kita salurkan berupa rakkang sebanual 2.854 bubu, 30 kompas dan 30 pelampung," katanya.

Dia berharap melalui bantuan ini para nelayan di Kecamatan Lau, khususnya di Desa Marannu ini bisa dipergunakan dengan baik.

"Kita berharap melalui pembagian alat tangkap ini produktivitas nelayan kita bisa menghasilkan hasil tangkapan yang lebih banyak sehingga meningkatkan kesejahteraan nelayan kita," jelasnya.

Tak hanya itu, dia juga berharap melalui bantuan pelampung bisa membantu nelayan saat melaut.

"Kita juga sengaja membagikan pelampung dan kompas. Ini sebagai salah satu bentuk perhatian dan upaya menjamin keselamatan nelayan kita saat melaut. Apalagi seperti sekarang ini cuaca cukup ekstrem saat ini banyak kejadian tidak kita harapkan misalnya perahu tenggelam. Makanya diharapkan alat pelampung yang dibagikan bisa disimpan di perahu," ungkapnya.

Untuk alat navigasi seperti kompas juga diharapkan bisa dimanfaatkan nelayan untuk membantu arah yang dituju saat melaut.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Perikanan Kabupaten Maros, Muhisal menjelaskan untuk bantuan alat tangkap kepiting ini hanya diberikan kepada nelayan di dua Kecamatan yakni Lau dan Marusu saja.

"Total keseluruhan bantuan untuk kelompok nelayan di Kecamatan Lau dan Marusu yakni rakkang sebanyak 7.398 bubu, kompas 78 unit dan pelampung 78 unit," katanya.

Untuk di Desa Marannu kata dia, ada dua kelompok usaha bersama (KUB) yang dapat yakni KUB Dampang Marannu dan KUB Marannu Teguh. (Ikbal)

  • Bagikan