IKA Unhas Helat Mulid Nabi Muhammad SAW, Hadirkan Gus Muwafiq

  • Bagikan
Pengurus Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Universitas Hasanuddin (Unhas) Periode 2022-2026 yang dinahkodai Andi Amran Sulaiman menggelar peringatan Maulid Nabi besar Muhammad SAW.

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Pengurus Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Universitas Hasanuddin (Unhas) Periode 2022-2026 yang dinahkodai Andi Amran Sulaiman menggelar peringatan Maulid Nabi besar Muhammad SAW.

Hadir di acara tersebut, Rektor Unhas Prof Jamaluddin Jompa dan Wakil Rektor, hadir juga pengurus IKA Pusat Unhas dan alumni Unhas.

Maulid Nabi Besar Muhammad SAW berlangsung di AAS Building, Minggu (1/10/2023). Mengahadirkan Gus Muwafiq juga sosok kiai muda yang sering mengisi seminar di berbagai acara, mulai dari lingkungan pesantren, akademisi, dan kenegaraan.

Pada kesempatan ini Gus Muwafiq memiliki ciri khas bersuara lantang dan berambut gondrong, ia menyampaikan pandangan soal Maulid dan juga keteladanan Nabi Muhammad SAW.

"Sistem bersama harus dijaga, jadi ajaran Rasulullah bersama adalah menjaga akhlak," ujarnya usai memberikan ceramah.

"Pentingnya juga akhlak bagi generasi muda. Generasi muda harus siap menyongsong masa depan dunia yang dulu di pas diberikan stagmen," demikian saran dia.

Dalam tausiahnya, kiai yang pernah menjadi asisten pribadi Gus Dur itu mengatakan, peringatan Maulid Nabi memiliki fungsi sebagai penguat karakter kebangsaan yang nasionalistik. Ia juga menyarankan, kemajuan tekhnologi di ruang publik harus dijaga. Situasi ini harus rajin silaturahmi rajin menjaga persaudaraan, persatuan.

"Karena perangkat yang lain sudah berjalan semua, jadi tinggal menjaga kerukunan," pungkasnya.

Sedangkan, Rektor Unhas Prof Jamaluddin Jompa mengapresiasi acara ini. Menurutnya, sangat luar biasa acara ini. Silaturahmi tetap jejaga untuk kebersamaan.

"Bagian dari upaya kita menjaga silaturahmi. Tentu di asah pikirannya. Dalam konteks menjaga silaturahmi di dalam fungsi fungsi masyarakat silaturahmi terus kita bina. Masyarakat luar biasa banyaknya dan fasilitasi acara ini," singkatnya. (Suryadi/A)

  • Bagikan