Pemilu 2024 Jadi Ajang Uji Kekuatan Anak Mantan Kepala Daerah

  • Bagikan
Ilustrasi Pemilu Serentak 2024

MAKASSAR, RAKYATSULSEL -  Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019 lalu beberapa anak kepala daerah mampu duduk sebagai anggota DPRD di Provinsi Sulawesi Selatan. Namun Pemilu 2024 nanti orang tua mereka tidak lagi menjabat sebagai kepala daerah.

Duduknya 'putra mahkota' atau anak kepala daerah karena memiliki akses lebih besar ke birokrat. Sehingga apabila sumber daya tersebut dioptimalkan dengan baik, maka bukan sesuatu yang sulit untuk melenggang ke parlemen.

Mereka adalah Andi Muhammad Anwar Purnomo  putra mantan Bupati  Bulukumba Almarhum Andi Sukri Sappewali,  Sofyan Syam, putra mantan Bupati Pangkep Syamsuddin Hamid ini berhasil terpilih di DPRD Sulsel selama dua periode, putra Bupati Bone Andi Fashar Padjalangi, Andi Izman Padjalangi dan Sarwindye T Biringkanae, putri mantan Bupati Tana Toraja Nicodemus Biringkanae.

Mereka ini terpilih saat orang tua mereka menjadi kepala daerah. Tapi Pemilu 2024 mendatang mampukah mereka bersaing dengan Caleg lain, karena orang tua mereka tidak lagi menjadi kepala daerah.

Andi Muhammad Anwar Purnomo hanya mengatakan jika dirinya hanya berikhtiar bagaimana bisa terpilih lagi menjadi anggota DPRD untuk periode kedua.

"Sebagai manusia biasa hanya bisa berikhtiar dan berdoa, selebihnya kami serahkan kepada Allah," singkatnya.

Sarwindye T Biringkanae mengatakan jika dirinya memiliki semangat untuk kembali bertarung untuk periode kedua. "Sebagai incumbent harus semangat percaya diri untuk tetap bertahan pada posisi yang sama (terpilih menjadi anggota DPRD)," katanya.

Walau Pemilu 2019 lalu orang tua Sarwindye, Nicodemus Biringkanae masih menjadi bupati Tana Toraja. Dia tidak ingin dikaitkan dengan jabatan tersebut, karena ingin lebih fokus menatap Pileg 2024 nanti.

"Sebagai Incumbent Saya optimis bertahan ditengah kompetitor caleg lainnya. Dihubungkan dengan orang tua saya yang sebelumnya memegang jabatan di daerah saya tetap semangat bahwa semua jabatan itu adalah amanah dari Tuhan," ujarnya.

"Kita kembalikan kepada yang kuasa. Tuhan, kita berusaha bekerja dan menjalankan amanah itu jika kembali terpilih," tutupnya. (Fahrullah/B)

  • Bagikan