Semarakkan Peringatan HUT IDI ke-73, IDI Makassar Bakal Gelar Bakti Sosial dan Seminar Ilmiah

  • Bagikan

MAKASSAR, RAKYATSULSEL -- Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Makassar ikut menyemarakan Hari Ulang Tahun (HUT) IDI yang ke-73 tahun di bulan Oktober 2023 mendatang dengan melaksanakan sejumlah kegiatan, diantaranya bakti sosial dan seminar ilmiah.

Rangkaian acara ini juga sangat bervariasi, mulai dari Kompetisi Olahraga, Kompetisi Seni, Bakti Sosial, IDI Goes to Campus, Anjangsana ke Panti Asuhan, dan sebagai puncak acaranya yaitu Seminar Ilmiah dan Malam Ramah Tamah.

Acara ini tidak hanya untuk kalangan dokter saja, tapi juga merangkul Pemerintah, Tenaga Kesehatan, Mahasiswa Kedokteran dan Masyarakat Umum.

Tema yang diusung yakni Memperkuat Ikatan Tradisi Luhur, Bersatu dan Mengabdi Untuk Rakyat Indonesia.

Awal rangkaian acara. "KICK OFF" ini akan dilaksanakan pada hari minggu tanggal 8 Oktober 2023 di car free day jalan boulevard Makassar. 

Acara ini Akan dibuka oleh dr. Abdul Azis., Sp.U sebagai Ketua IDI Cabang Makassar bersama Bapak Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan Pomanto dan sekaligus akan melepas peserta jalan santai yang diikuti oleh dokter Kerabat dan keluarga, kemudian ada juga senam paru sehat, yang bekerja sama dengan Departemen Pulmonologi Fakultas Kedokteran Unhas.

Selain itu akan ada Pemeriksaan Kesehatan Umum yang akan bekerjasama dengan Perhimpunan Dokter Umum Indonesia (PDUI) Cab. Sulsel.

Pemeriksaan tekanan darah, gula darah, kolestrol dan asam urat, yang akan diperiksa oleh Tim Kesehatan dari RS Bhayangkara Makassar.

Pemeriksaan Mata yang bekerjasama dengan Departemen I.K. Mata Fakultas Kedokteran Unhas. Dan Pemeriksaan Telinga, Hidung, Tenggorok (THT) yang bekerjasama dengan Departemen I.K. THT Fakultas Kedokteran Unhas. Pemeriksaan THT ini spesial karena akan menggunakan video otoskopi sehingga masyarakat dapat melihat langsung hasil pemeriksaan telinga

Untuk orang tua yang mengalami gangguan pendengaran dan butuh alat bantu dengar, diberikan voucher dan diskon pembelian alat bantu dengar.

Ketua Panitia HUT IDI, dr. Taufik Anshori menuturkan, kegiatan HUT IDI kali ini merupakan acara yang terbesar untuk  pertama kali dalam sejarah HUT IDI, dimana dalam agenda bulan Oktober nanti, IDI Makassar bakal merangkaikan beberapa acara olahraga, seni dan ilmiah.

"Insya Allah berangkat dari acara HUT IDI ini kedepannya kami dari pengurus IDI cabang Makassar berencana akan membuat kegiatan pekan olahraga dan seni yang akan rutin dilakukan dan tentunya akan bekerjasama dengan instansi  yang terkait dengan tujuan  menjaga silaturahmi dan kekompakan anggota IDI Makassar," ujar dr Taufik, Jumat (6/10/2023).

Taufik mengatakan acara ini nantinya akan ditutup dengan pembagian 50 buah door prize untuk peserta jalan santai yang beruntung. (Isak/B)

  • Bagikan