Pimpinan Parpol di Makassar Bidik Kursi DPRD Sulsel, Siapa Berpeluang?

  • Bagikan
Pileg 2024 Diprediksi Seru

Manager Strategi dan Operasional Nursandi Syam Jaringan Survei Indonesia (JSI) mengatakan, peluang mereka sangat terbuka apalagi sebagian berstatus petahana seperti Andi Rahmatika Dewi dan Fauzi Andi Wawo .

"Sedangkan, Hamzah Hamid punya basis pemilih yang memang terawat selama menjadi anggota DPRD Kota Makassar," katanya, Minggu (8/10/2023).

Lanjutanya, ini bisa menjadi modal tersendiri untuk mengantarkan PAN meraih kursi, sepanjang dirinya tidak bekerja sendiri.

Tidak majunya Debbie Purnama Sari membuat persaingan di internal Golkar lebih dinamis.

"Selqnjutnya, peluang keterpilihan Appi sangat terbuka tetapi figur lain seperti Nasran Mone, Kadir Halid juga patut untuk diperhitungkan," tukasnya.

Sedangkan, Direktur Profetik Institute Asratillah berpandangan jika salah satu nilai lebih dari ketua partai adalah mereka memiliki legitimasi politik yang cukup kuat di internal partai mereka.

"Selama kinerja mereka menjadi ketua dinilai bagus oleh para pengurus dan anggotanya. Andi Rahmatika Dewi, Fauzi Andi Wawo, Hamzah Hamid dan Munafri Arifuddin, memiliki performance cukup bagus selama mereka menjadi ketua," ujarnya.

Menurutnya, jika mereka punya legitimasi kuat di internal, itu berarti punya kemampuan untuk menggunakan struktur partai sebagai instrumen pencari suara.

"Jika kepengurusan  partai yang mereka pimpin punya infiltrasi kuat ke bawah, maka struktur partai akan semakin efektif digunakan mencari suara," tuturnya.

  • Bagikan