Hamka B Kady Perjuangkan Pembayaran Pembebasan Lahan Bendungan Pamukkulu Tuntas Sebelum Diresmikan

  • Bagikan
Anggota Komisi V DPR RI Hamka B Kady

TAKALAR, RAKYATSULSEL - Pembangunan Bendungan Pamukkulu di bagian hulu Sungai Pappa Takalar ditarget rampung akhir tahun ini 2023.

Hal tersebut disampaikan langsung Anggota Komisi V DPR RI Hamka B Kady di hadapan warga Takalar saat melakukan kunjungan Dusun Butta Didia, Desa Kale Ko'mara, Kecamatan Polut, Kabupaten Takalar, Senin (9/10/2023) lalu.

"Bendungan Pammukulu akan diresmikan bulan Desember tahun ini," kata Hamka B Kady, Selasa (10/10/2023).

Hamka juga memastikan mengenai pembayaran pembebasan lahan, dirinya akan berupaya dan mendesak Menteri PUPR untuk menyelesaikan semuanya.

"Tapi itu butuh proses. Nanti akan menjadi bahan saya. Saya juga tidak setuju kalau Pammukulu diresmikan tapi belum dibayarkan," tegasnya.

Diketahui pembangunan Bendungan Pamukkulu Takalar merupakan hasil aspirasi dan perjuangan Hamka B Kady di DPR sehingga bisa terlaksana.

"Rintisan proyek ini sejak 2014, ini janji saya saat pertama kali terpilih menjadi Anggota DPR adalah menyelesaikan bendungan Pamukkulu, Kabupaten Takalar," ujar politisi Partai Golkar ini.

Pembangunan Bendungan Pamukkulu Takalar tersebut dibangun sejak 15 November 2017. Hamka B Kady menyatakan kala itu pembebasan lahannya menemui hambatan cukup rumit.

Namun lambat laun, masalah itu menemui titik temu dan solusi mengingat manfaat bendungan ini untuk kemaslahatan rakyat Takalar.

Tujuan utama bendungan ini harus dibangun untuk meningkatkan keberlangsungan suplai air bagi lahan pertanian di Provinsi Sulsel sebagai lumbung pangan nasional.

Pertama pengairan sawah di Takalar sangat bergantung dari Gowa. Sehingga bendungan ini nantinya 95 persen untuk kepentingan rakyat Takalar.

  • Bagikan