Maksimalkan Pelayanan Kesehatan Masyarakat, 47 Unit Mobil Home Care Dottoro’ta Resmi Diluncurkan

  • Bagikan
Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto secara resmi melakukan relaunching untuk program home care Dottoro'ta di Anjungan Pantai Losari, Jalan Penghibur, Makassar, Selasa (10/10).

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto secara resmi melakukan relaunching untuk program home care Dottoro'ta di Anjungan Pantai Losari, Jalan Penghibur, Makassar, Selasa (10/10).

Dengan melaunching 47 unit mobil home care Dottoro'to berteknologi electric vehicle (EV) atau mobil listrik yang ramah lingkungan. Danny Pomanto, sapaan akrabnya, relaunching ini dilakukan guna memperbaharui fasilitas yang tersedia pada mobil Dottoro'ta.

Diketahui, home care Dottoro'ta merupakan program dari Pemerintah Kota Makassar melalui Dinas Kesehatan Kota Makassar yang telah ada sejak delapan tahun lalu. Program ini melayani pelayanan kesehatan gratis ke rumah selama 24 jam.

"Berjalannya waktu setelah delapan tahun homecare ini mengabdi, peralatan-peralatannya sudah semakin tua termasuk mobilnya," ucap Danny.

Ia menyebut, mobil Dottoro'ta EV ini memiliki fasilitas yang lebih bagus dari sebelumnya. Seperti, dalam mobil ini terdapat alat pemeriksaan jantung (EKG) dengan teknologi yang lebih canggih, lalu ada juga tabung oksigen untuk pertolongan darurat (emergency).

Mobil Dottoro'ta ini, kata Danny, memiliki ukuran yang lebih kecil sehingga dapat menjangkau masyarakat hingga ke lorong-lorong. Mobil ini mampu mambawa satu pasien, namun mobil ini juga berisi tiga petugas di dalamnya yakni sopir, perawat serta dokter .

"Mobil ini kecil tapi mampu membawa 1 pasien. biasanya jug walaupun ada driver khusus, perawatnya maupun dokternya bisa jadi driver pada saat saat tertentu," terang Danny.

Lebih jauh, Danny menyebut kehadiran program ini pada tahun 2015 telah memenuhi kebutuhan pelayanan kesehatan di masyarakat Kota Makassar dengan sangat baik.

Maka dari itu, Danny menyebut tidak menutup kemungkinan ke 47 unit Mobil Dottoro'ta akan dilakukan penambahan di masa yang akan datang jika memang dibutuhkan.

"47 unit itu setara dengan jumlah puskesmas di Kota Makassar, tidak lain adalah 47 ini akan melayani 15 kecamatan 153 Kelurahan, secara jumlah itu sangat cukup," tutup Danny.

Pada kesempatan yangs sama, Kepala Dinas Kesehatan Kota Makassar, Nursaidah Sirajuddin mengatakan mobil Dottorota merupakan mobil pelayanan kaesehatan yang diperuntukkan untuk seluruh Puskesmas yang ada di Kota Makassar.

Tak hanya itu, Mobil Dottoro'ta juga dihadirkan untuk menyasar masyarakat Kota Makassar hingga ke lorong-lorong atau home care.

"Mobil Dottoro'ta sebanyak 47 unit untuk 47 puskesmas," ujar Nursaidah Sirajuddin.

Menariknya, mobil Dottoro'ta ini menggunakan mobil listrik sebagai upaya untuk low carbon. Mobil Dottoro'ta ini sekali dilakukan pengisian daya listrik selama delapan jam dengan jarak tempuh hingga 200 Km.

Nursaidah menyebut tempat pengisian daya untuk mobil Dottoro'ta ta telah tersedia disemua puskesmas yang ada di Kota Makassar. (Shasa/B)

  • Bagikan