Bertajuk Al-Qisth, Sesamata Fest III Hadirkan Perpustakaan Keliling Milik Pemprov Sulsel

  • Bagikan
Perpustakaan Keliling milik Pemprov Sulsel di Sesamata Fest III

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Himpunan Mahasiswa Jurusan Ilmu Perpustakaan UIN Alauddin Makassar (UINAM), menggelar acara Sesamata Fest III bertajuk "Al-Qisth" di pelataran mesjid kampus II Samata. Mulai dari 10-13 Oktober 2023.

Festival tersebut menggandeng para pedagang UMKM, seperti penjual makanan, minuman dan pakaian. Selain itu juga bekerja sama dengan perpustakaan keliling Provinsi Sulawesi Selatan

Pengelola perpustakaan, Afzazul mengungkapkan tujuan adanya perpustakaan keliling tersebut, untuk cepat menjangkau masyarakat sekitar.

" Biasanya dihadirkan di sekolah-sekolah atau pelosok, kali ini kita di undang sama panitia Sesamata Fest ini untuk ikut memeriahkan," ungkapnya. Rabu (11/10/2023).

Ia juga mengatakan UIN dianggap sebagai kiblat kampus dengan jurusan perpustakaan yang paling dikenal, tidak jauh berbeda dari kampus lain.

Selain di UINAM, perpustakaan keliling provinsi juga hadir di berbagai wilayah di Sulawesi Selatan dengan macam-macam alternatif.

"Di Pangkep dan Selayar itu ada yang namanya perahu pustaka, mengelilingi pulau dengan membawa buku untuk masyarakat," tambahnya.

Awal berdirinya perpustakaan keliling sekitar tahun 2000an dengan menggunakan mobil. Sebelumnya hanya menggunakan becak, motor dan kuda.

Selama memeriahkan Sesamata Fest, akan hadir selama acara berlangsung. Dengan membawa dua mobil box berisi buku-buku umum. (*)

Citizen Reporter: Nurfadilah J
Mahasiswa UIN Alauddin Makassar

  • Bagikan