Masjid Muhammad Cheng Hoo di Gowa, Padukan Arsitektur Etnis Thionghoa, Bugis dan Timur Tengah

  • Bagikan
Masjid Muhammad Cheng Hoo, yang berada di jalan Tun Abdul Razak, Kabupaten Gowa

GOWA, RAKYATSULSEL - Masjid Muhammad Cheng Hoo merupakan masjid yang berada di jalan Tun Abdul Razak, Kabupaten Gowa atau di sebelah Utara Kota Makassar. Masjid ini salah satu dari 5 masjid Cheng Hoo yang ada di Indonesia.

Masjid ini didirikan pada 11 November 2011 dan mulai digunakan pada tahun 2012. Masjid ini memiliki keunikan atau ciri khasnya tersendiri karena mengadopsi Arsitektur Bangunan Timur Tengah, Tionghoa dan Bugis.

Masjid ini di dominasi dengan cat berwarna merah bata. Kubah utama masjidnya tidak berbentuk bulat seperti masjid-masjid pada umumnya tetapi memiliki bentuk yang unik seperti Pagoda.

Masjid ini juga aktif dalam berbagai macam kegiatan keagamaan seperti pengajian, TK/TPA, dakwah islam, serta pengislaman bagi mualaf yang akan memeluk agama islam.

Fasilitas di Masjid Muhammad Cheng Hoo juga termasuk lengkap. Mulai dari tempat wudhu, tempat ibadah, rak sepatu, kamar mandi, tempat parkir yang luas, Ac, Kipas, dll.

Dengan arsitektur bangunan yang unik inilah banyak orang yang penasaran dan tertarik untuk mengunjungi masjid Muhammad Cheng Hoo.

Salah satu pengunjung yang bernama Nur Asma yang di temui pada (22/10/2023), mengatakan pertama kali mengunjungi Masjid Muhammad Cheng Hoo ini karena penasaran untuk melihat secara langsung Masjid yang memiliki arsitektur khas Tionghoa tersebut.

" Saya pertama kali menginjakan kaki saya di Masjid ini dan saat melihat untuk pertama kali Masjid ini sangat megah, fasilitasnya lengkap dan masjid ini unik berbeda seperti masjid pada umumnya yang saya kunjungi," ungkapnya. (*)

Citizen Reporter: Rezki Salsabila Amelia
Mahasiswa UIN Alauddin Makassar

  • Bagikan