Dihadapan Asosiasi Kepala Desa, Ketua DPRD Sulsel Ajak Kawal Pemilu Damai

  • Bagikan
Rapat Koordinasi Forkopimda Sulsel dengan Pemerintah Desa se-Sulsel, di Hotel Claro, Makassar, Senin (23/10/2023).

MAKASSAR, RAKYATSUSLEL.CO — Ketua DPRD Sulsel, Andi Ina Kartika Sari mengajak Asosiasi Pemerintah Desa Indonesia (Apdesi) yang menaungi kepala desa se-Sulsel untuk bersama-sama mengawal jalannya pemilu dan pilkada serentak 2024 mendatang.

"Ini menjadi komitmen bersama. Saya yakin, Pemilu 2024 yang akan datang Insya Allah sukses," hal itu disampaikan Andi Ina saat menghadiri Rapat Forkopimda yang mengundang seluruh kepala desa se-Sulsel, di Hotel Claro, Makassar, Senin (23/10/2023) pagi.

Dalam arahannya, dia menyampaikan, pemilu adalah tonggak kemajuan demokrasi. DPRD Sulsel siap memastikan suksesnya pemilu di Sulsel.

"Tentu ucapan terima kasihnya kepada Pj Gurbernur Sulsel Bahtiar Baharuddin yang telah menginisiasi kegiatan ini," ucapnya.

Politisi Golkar itu berharap agar seluruh Forkompinda dapat bekerja keras, berkolaborasi saling memberikan dukungan tanpa henti.

"Karena pak Pj Gubernur punya prinsip, pemilu seperti salat Jumat tidak bisa ditunda-tunda," katanya.

Dia juga memuji Bahtiar Baharuddin yang telah membawa Sulsel sebagai Provinsi yang pertama menandatangani anggaran Pilkada dalam nota perjanjian hibah daerah (NPHD).

"Alhamdulillah Sulsel yang pertama melakukan penandatanganan NPHD. Lihat maki. Nda bangga Ki dengan gubernur ta. Juga diikuti penandatanganan NPHD di kabupaten/kota," ungkapnya.

Ditegaskan, dalam demokrasi, kekuasaan berada di tangan rakyat. Pemilu memberikan hak kepada warga negara untuk memilih pemimpin secara bebas, jujur dan adil.

Lebih lanjut dikatakan, ada empat kewenangan dan peran DPRD Sulsel dalam Pemilu. Pertama, membentuk peraturan daerah bersama pemerintah daerah. Kedua, membahas dan menyetujui anggaran belanja dan pendapatan daerah.

"Ketiga, melakukan pengawasan pelaksanaan peraturan daerah. Terakhir, memberikan pendapat dan pertimbangan kepada pemerintah daerah," tandas Bendahara DPD I Golkar Sulsel ini. (Yadi/B)

  • Bagikan