KPU Makassar Masif Sosialisasi ke Pemilih Pemula

  • Bagikan
NONTON BARENG. Suasana nonton bareng film Kejarlah Janji karya Sineas kenamaan Indonesia, Garin Nugroho, di Pesantren Darul Arqam Gombara Minggu (22/10/2023). SURYADI/RAKSUL

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Komisi Pemilihan Umum (KPU) KPU Kota Makassar menggelar kegiatan nonton bareng Film Kejarlah Janji karya sineas kenamaan Indonesia, Garin Nugroho, di Pesantren Darul Arqam Gombara Minggu (22/10/2023).

Kegiatan dalam memperingati Hari Santri Nasional ini dihadiri ketua KPU Kota Makassar, M. Faridl Wajdi. Ia berpandangan, nonton bareng ini sebagai edukasi kepada semua warga bisa memilih.

"Khususnya kepada pemilih pemula untuk menyambut pesta demokrasi tanggal 14 Februari 2024 nanti," ujarnya.

Dia melanjutkan, selain memilih presiden, ada empat entitas lainnya yang akan mereka pilih. Mulai dari DPRD tingkat pusat, provinsi dan daerah.

"Juga DPD Provinsi di wilayah masing-masing. Jadi pastikan kita semua terlibat dalam pesta itu," jelasnya.

Sedangkan, Koordinator Divisi Sosialisasi dan Pendidikan Pemilih, Partisipasi masyarakat dan SDM KPU Makassar, Endang Sari menyampaikan bahwa kegiatan nontonbareng ini merupakan strategi sosialisasi pendidikan pemilih khususnya kepada pemilih muda agar pesan-pesan kepemiluan bisa disampaikan dengan lebih ringan dan efektif.

Dia membeberkan, film ini menyampaikan banyak pesan-pesan kepemiluan seperti pentingnya menggunakan hak pilih, pesan untuk tidak golput, pesan untuk memilih pemimpin bersasarkan rekam jejak.

"Pesan tentang melwan money politik, kampanye bersih, serta bentuk partisipasi yang bisa dilakukan publik dalam mengawal kualitas pemilu, tapi tanpa terkesan menggurui," ungkapnya.

Para santri yang mengikuti kegiatan nobar sangat antusias menyimak scene demi scene yang disuguhkan oleh film yang dibintangi oleh Ibnu Jamil, Cut Mini, dan Shenina Cinnamon.

Acara ini dibuka dan dihadiri oleh Pimpinan Pondok Pesantren Darul Arqam Gombara Makassar, M. Syaiful Saleh.

"Saya berharap kepada para santri sebagai pemilih pemula untuk menggunakan hak pilihnya pada pemilu nanti," harap Endang. (Suryadi/B)

  • Bagikan