Penerapan Sastra Bandingan, Mahasiswa BSI UINAM Bedah Film ‘Killers of the Flower Moon’

  • Bagikan

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Mahasiswa BSI UINAM menggelar nonton bareng dan bedah film berjudul "Killers of The Flower Moon", Rabu malam, 25 Oktober 2023, di Mall Panakkukang Makassar.

Bedah film dalam rangka penggunaan metode sastra bandingan ini diinisiasi oleh Dosen BSI Fakultas Adab dan Humaniora UIN Alauddin Makassar, Hj. Nahdiyah, S.S.,M.Pd, sebagai tugas mahasiswa jurusan BSI kelas 5 AG 2, untuk Mata Kuliah Comparative Literature.

Salah satu mahasiswa BSI, Thania, mengaku jika tugas ini cukup menantang, karena mahasiswa harus membandingkan isi yang terdapat di dalam novel dengan adaptasi ceritanya ke dalam film yang meliputi analisis unsur intrinsiknya hingga pesan dan kesan dari cerita tersebut.

Film yang berdurasi hampir 3,5 jam ini menggambarkan tentang pembunuhan suku Osage pada era 1920-an.

Tragedi itu menewaskan puluhan orang asli Osage, termasuk keluarga Mollie Burkhart yang menjadi inspirasi utama film tersebut. Saudara hingga kerabat Mollie Burkhart dibunuh di tangan William K.

"Dan pastinya sebagai Mahasiswa Jurusan Sastra, kami harus selalu terikat dengan karya sastra seperti novel misalnya. Sehingga tugas ini sangat berkaitan erat dengan mata kuliah jurusan sastra. Karena dengan kegiatan nobar di bioskop bersama dosen ini, kami bisa melakukan perbandingan langsung antara novel dengan adaptasi filmnya," ujarnya. (*)

Citizen Reporter: Nur Alya Fitria

  • Bagikan