Pemerintah Gowa Salurkan Bantuan Rp 472 Juta untuk Palestina

  • Bagikan

GOWA, RAKYATSULSEL - Momentum Hari Jadi Gowa (HJG) ke-703 tahun dijadikan untuk berbagi terhadap sesama. Hal itu terbukti dengan disalurkannya bantuan sebesar Rp 472 juta untuk Palestina melalui Baznas Provinsi Sulawesi Selatan.

Wakil Bupati Gowa, Abdul Rauf Malaganni mengatakan bantuan tersebut merupakan hasil sumbangan dari jajaran ASN dan pegawai Lingkup Pemkab Gowa mulai dari staf desa/kelurahan, kecamatan, bagian, SKPD hingga bupati dan wakil bupati, sebagai bentuk kepeduliannya terhadap rakyat Palestina.

"Sebagaimana kejadian yang menimpa saudara kita di Palestina, kita berharap bantuan ini dapat meringankan beban mereka dan bisa segera mendapat keadilan, keselamatan kedamaian dan kemerdekaannya," kata Rauf, di Halaman Kantor Bupati Gowa, Jumat (17/11/2023).

Pada kesempatan itu juga, dirinya meminta seluruh masyarakat agar bisa selalu mendoakan Palestina sehingga bisa merasakan kemerdekaan seperti negara-negara lain.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Gowa, Firdaus mengatakan pihaknya mengumpulkan bantuan tersebut selama sepuluh hari dan bisa terkumpul hingga Rp 472 juta berkat keikhlasan dan ketulusan dari seluruh pegawai dan ASN lingkup Pemkab Howa mulai dari tingkat desa/kelurahan hingga kabupaten.

"Alhamdulillah bisa terkumpul senilai itu, dan sampai hari ini masih ada beberapa yang ingin menyumbang," ungkapnya.

Firdaus menyebut, pihaknya menyalurkan bantuan tersebut ke Baznas sebagai organisasi resmi yang bisa lebih mudah dalam menyalurkan bantuan tersebut kepada Palestina dan bisa segera digunakan agar beban rakyat Palestina bisa berkurang.

"Kami salurkan dalam bentuk uang nantinya melalui Baznas Sulsel yang akan menyalurkan bantuan itu ke Palestina," jelasnya.

Di tempat yang sama, Ketua Panitia yang juga Pj Sekretaris Daerah Kabupaten Gowa, Abdul Karim Dania mengatakan Peringatan Hari Jadi Gowa Ke-703 tahun ini, mengangkat tema “Bersatu untuk Gowa Lebih Maju” yang artinya bersatu adalah sumber kekuatan yang menjadi kunci keberhasilan.

"Dengan persatuan Gowa mampu menghadapi tantangan pembangunan, begitupun dengan keterbatasan yang dapat diatasi dengan menyatukan segenap potensi dan keunggulan," katanya.

Selain menyalurkan bantuan, Pemkab dan masyarakat mengikuti zikir dan doa bersama sekaligus mendoakan rakyat Palestina yang diharapkan mereka bisa sabar dan segera merasakan kedamaian dan kemerdekaannya. Rauf mengatakan, pelaksanaan ini sebagai bentuk untuk memperat hubungan silaturahmi antara masyarakat dan pemerintah, terlebih tema dari HJG adalah "Bersatu untuk Gowa Lebih Maju".

"Dzikir dan doa ini adalah bagian dari Peringatan Hari Jadi Gowa Ke-703, kami ingin dengan tema yang dihadirkan dapat mengajak seluruh komponen masyarakat umtuk bersama-sama menjadikan Gowa semakin maju dan menjadi lebih baik lagi di masa yang akan datang," kata dia.

Rauf menyebut, zikir dan doa tahun ini juga dilakukan untuk mendoakan rakyat Palestina yang saat ini sedang berjuang mempertahankan negaranya.

"Sebagaimana kejadian yang menimpa saudara kita di Palestina, jadi mari mendoakan semoga saudara-saudara kita di Palestina segera mendapat keadilan, keselamatan kedamaian dan kemerdekaannya," ujar dia.

Resmikan Proyek

Sejumlah proyek strategi diresmikan pada saat puncak hari jadi Gowa. Peresmian ini ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Wakil Bupati Gowa, Abdul Rauf Malaganni Kaeng Kio.

Rauf, menjelaskan dalam sambutannya mewakili Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan bahwa sepanjang tahun 2023 terdapat beberapa proyek strategi yang dilaksanakan oleh Pemkab Gowa.

“Hari ini kami meresmikan 18 proyek yang termasuk dalam proyek strategis Pemkab Gowa. Proyek ini tersebar di sektor kesehatan, infrastruktur, dan pendidikan," ujar dia.

Proyek yang diresmikan hari ini dengan jumlah anggaran sebesar Rp 39,9 miliar. Proyek ini di antaranya, peningkatan ruas jalan Bulutallua-Baringrisasa, dan Pengaspalan Jalan Lembaga Bolangi.

Pembangunan Jembatan Salari Desa Lembangloe, Kecamatan Biringbulu dan jembatan Boong Bontosunggu, Buakkang Kec. Bungaya. Peningkatan Bendung D.I Balla Tangngaya Desa Jonjo, Kecamatan Parigi, dan D.I Dandole Desa Rappoala Kecamatan Tompobulu.

Selanjutnya, Rehabilitasi Gedung Labkesda, Penataan Taman Kantor Bupati Gowa, Pembangunan 4 Pos Pelayanan Publik di 4 Kecamatan, pembangunan Gedung SMP Negeri 5 Sungguminasa dan SMP Negeri 3 Barombong serta Renovasi Stadion Kalegowa.
Penjabat Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin yang hadir pada puncak Peringatan HJG Ke-703 memuji kemesraan Adnan Purichta Ichsan dan Abdul Rauf Malaganni sebagai Bupati dan Wakil Bupati Gowa selama dua periode.

“Ini adalah pasangan bupati dan wakil bupati termesra di seluruh Indonesia. Saya sebagai Dirjen di Kementerian Dalam Negeri, saya mengetahui 400 lebih pasangan Bupati dan Wakil Bupati seluruh Indonesia," puji Bahtiar.

Bahtiar mengingatkan kepada seluruh masyarakat agar menjaga konstalasi di tahun politik. Dimana tahun 2024 mendatang akan berlangsung Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, Pemilihan Anggota DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi maupun DPRD Kabupaten/Kota seluruh Indonesia. Kemudian dilanjutkan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak di Seluruh Indonesia.

"Jaga kedamaian dan ketentraman, jangan mau diadu domba. Sebagai Pj Gubernur, tugas saya mengingatkan bahwa kita semua bersaudara," pesan Bahtiar. (*)

  • Bagikan