Pj Gubernur Lepas 50.000 Benih Nila di Bone

  • Bagikan
Pj Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin melepas bibit ikan nila di Kecamatan Mare, Bone, Sabtu (18/11/2023). Abu Hamzah/Rakyat Sulsel

BONE, RAKYATSULSEL - Pj Gubernur Sulsel Bahtiar Baharuddin melepas 50.000 ekor benih ikan Nila di kecamatan Mare, Bone (18/11/2023).

Diketahui, penetapan APBD 2024, itu memprioritaskan anggaran pada pertanian, peternakan dan perikanan, dan pemberian bantuan bibit ikan air tawar satu dari program prioritas pemprov Sulsel saat ini.

Pj Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin menyampaikan rencana pengembangan budidaya ikan air tawar itu bertahan untuk menyokong pemenuhan kebutuhan gizi masyarakat.

Kata dia, hal itu bisa ditempuh melalui pemanfaatan embung dan lahan yang memiliki air yang cukup untuk pelaksanaan program itu.

"Kita akan manfaatkan ini untuk gizi masyarakat untuk produksi perikanan budidaya ikan darat diharapkan mempu menekan untuk stunting, Maka kita manfaatkan seluruh embun dan bendung yang ada airnya untuk produktif dan sudah Termasuk di Desa Tellongeng, " ujar Bahtiar, Sabtu, (18/11/2023).

Ia menuturkan, hal itu juga tentu dapat menjadi salah satu loncatan untuk meningkatkan pendapatan masyarakat.

"Ini bisa menjadi komoditas andalan kita juga menambah pendapatan masyarakat, " tuturnya.

Lebih jauh Ia mengutarakan, akan memassivkan pembibitan ikan nila yang tentu akan dibagikan di seluruh wilayah Sulsel.

"Tahun depan saya minta kadis perikanan untuk menproduksi jutaan bibit ikan nila untuk diproduksi dan dilepas di tempat atau embun-embun yang ada airnya sepanjang tahun dan ini akan memperbaiki gizi masyarakat, " pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Sulsel, Muhammad Ilyas mengatakan selain program 100.000 rumpon di laut, pemberian Satu Juta benih ikan air tawar juga menjadi program yang akan di jalankan.

"Termasuk bioflog itu juga akan kami beriakan ke masyarakat, 1000 bioflog, " pungkasnya. (Abu/A)

  • Bagikan