Danny Sumbang Rp100 Juta untuk Warga Palestina

  • Bagikan
Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan "Danny" Pomanto.

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto menyumbangkan uang pribadinya sebesar Rp100 juta untuk warga Palestina.

Sumbangan itu diberikan sebagai bentuk aksi kepedulian terhadap warga Palestina dengan membantu berupa donasi.

"Sesuai yang saya sampaikan saat HUT Kota Makassar yang lalu, mari kita sama-sama sisihkan pikiran untuk membantu Palestina, jadi ini lanjutannya," ucap Danny Pomanto, sapaan akrabnya, saat ditemui di kediaman pribadinya Jalan Amirullah Kota Makassar, Selasa (21/11).

Danny menyebut sumbangan untuk warga Palestina ini akan diserahkan ke Bagian Kesejahteraan Masyarakat (Kesra) Kota Makassar tanggal 22 November 2023. "Saya juga serahkan di situ besok, saya punya donasi pribadi," terang Danny.

Sementara itu, Danny melanjutkan untuk total sumbangan yang telah terkumpul di Kesra Kota Makassar dari masyarakat Kota Makassar melalui kotak amal masjid dan musala sekitar Rp400 juta. "Kalau di Pemkot terkumpul baru mau Rp400 juta, secara pribadi Rp100 juta," beber Danny.

Diketahui, Pemerintah Kota Makassar telah membuka penggalangan dana untuk membantu warga Palestina. Itu dilakukan sebagai aksi solidaritas masyarakat Kota Makassar kepada warga Palestina.

Penggalangan dana tersebut dibuka sejak tanggal 8 hingga 22 November 2023 melalui sumbangan dari kotak amal se-Kota Makassar yang dikumpulkan dan disetorkan ke Bagian Kesejahteraan Masyarakat (Kesra) Kota Makassar.

Sebelumnya, Kepala Bagian Kesra Kota Makassar, Muhammad Syarief menyebut nantinya seluruh donasi yang terkumpul akan disalurkan melalui lembaga yang terpercaya dan berkompeten. Meski begitu, Ia masih enggan membeberkan lembaga yang akan pihaknya serahkan untuk disalurkan ke warga Palestina.

"Kemarin ka sudah ada Basnaz, apakah ke Baznas atau langsung ke Duta Besar Palestina," terang Syarief.

Syarief juga membeberkan bahwa pemberian donasi untuk warga Palestina bukan yang pertama kali karena sebelumnya, di tahun 2021 Pemkot Makassar pernah melakukan hal tersebut dengan jumlah sekitar Rp1 miliar.

Sehingga, Ia berharap penggalangan dana untuk warga Palestina ini dapat mencapai nilai Rp1 miliar lebih, melampaui tahun 2021. "Lebih dari Rp1 miliar (tahun ini), Pengalaman kami di tahun 2021, waktunya satu bulan dengan jumlah terkumpul Rp1 miliar," jelas Syarief.

Selain itu, kata Syarief, seluruh jajaran organisasi perangkat daerah (OPD) dilingkup Pemkot Makassar juga telah turut melakukan penggalangan dana untuk warga Palestina.

Syarief mengaku seluruh sumbangan yang disetor ke pihaknya diterima dalam bentuk uang tunai. Di mana, mereka yang menyetor akan diberikan tanda bukti penyetoran dari Kesra Makassar. (Shasa/A)

  • Bagikan