Peringatan Hari Difabel Internasional: 2024 Unhas Bakal Buka Jalur Umum Penerimaan Maba Difabel

  • Bagikan
Rektor Unhas, Prof Jamaluddin Jompa, di sela-sela kegiatan Car Free Day, Sport-Art and Culture Park Kampus Unhas, Senin (4/12/2023).

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Rektor Universitas Hasanuddin, Prof.Dr. Jamaluddin Jompa, MSc menyampaikan, Unhas akan terus merealisasikan komitmennya sebagai kampus inklusif yang ramah terhadap difabel.

"Tahun depan, Unhas tidak hanya akan menerima mahasiswa baru difabel melalui jalur afirmatif, tetapi juga melalui jalur umum," hal tersebut diungkapkan Rektor Unhas pada peringatan hari Disabiltas Internasional di sela-sela kegiatan Car Free Day, Sport-Art and Culture Park Kampus Unhas, Senin (4/12/2023).

Pada bulan Mei lalu, lanjut Prof JJ, Unhas telah mendirikan Pusat Disabilitas dan membuka jalur pendaftaran khusus untuk mahasiswa difabel.

"Hasilnya, kita telah menerima 4 mahasiswa difabel dan telah memulai proses perkuliahannya," ujarnya.

Tahun 2023 ini, kata Prof JJ, Unhas berfokus pada adaptasi terhadap kehadiran mahasiswa difabel dan mempelajari perspektif disabilitas dalam pendidikan tinggi, maka tahun depan Unhas akan memulai proses pengaksesan seluruh area di lantai satu Unhas, agar lebih inklusif secara fisik dan akses dalam layanan pendidikan.

Tahun depan, kita tidak hanya akan menerima calon mahasiswa difabel melalui jalur afirmatif, tetapi juga melalui jalur umum dengan mempertimbangkan aspek aksesibilitas dan akomodasi yang layak, sehingga proses penerimaan kita dapat diakses oleh semua difabel," kata Rektor Unhas

Menunutnya, keberadaan difabel di tengah-tengah kita membuat Unhas akan lebih siap untuk menjadi lebih inklusif. "Dan semakin baik dalam mengelola proses pendidikan yang humanis dan inklusi," tururnya.

  • Bagikan