Kapolres Gowa Siapkan Sarana dan Prasana Antisipasi Bencana Alam di Cuaca Ekstrem

  • Bagikan
Kapolres Gowa AKBP Reonald T.S Simanjuntak.

GOWA, RAKYATSULSEL - Kapolres Gowa AKBP Reonald T.S Simanjuntak menyiapkan saran dan Prasarana dalam mengantisipasi bencana alam akibat cuaca ekstrim, Kamis (7/12/2023).

Cuaca ekstrem di musim penghujan ini, Polres Gowa telah menempatkan fokusnya pada antisipasi bencana alam seperti pohon tumbang, tanah longsor dan banjir.

Termasuk, langkah-langkah antisipatif dengan melakukan pengecekan menyeluruh terhadap kesiapan personel dan sarana penanggulangan bencana alam dan cuaca ekstrem.

AKBP R.T.S Simanjuntak menjelaskan, pihaknya secara aktif terlibat dalam memastikan kesiapan personel dan melakukan pengecekan sarana serta prasarana penanggulangan bencana alam.

"Kami melakukan pengecekan kesiapan personel SAR, sarana, dan prasarana, termasuk kendaraan operasional, perahu, pelampung, dan alat pemotong kayu," ungkapnya.

Kata Kapolres, pengecekan ini dilakukan dengan tujuan agar personel siap diturunkan kapan pun dibutuhkan. Ini mencakup kesiapan sarana dan prasarana yang dapat segera digunakan saat bencana alam melanda wilayah hukum Polres Gowa.

"Ketika terjadi bencana, kapan saja personel dan peralatan sudah siap diturunkan ke lapangan," tambahnya.

Menanggapi peluang terjadinya bencana alam seperti banjir dan tanah longsor yang meningkat seiring curah hujan yang signifikan, Kapolres Gowa menekankan perlunya kesiapsiagaan.

"Kita tidak menginginkan hal tersebut terjadi, namun dengan kesiapan kita dalam menghadapi bencana, sewaktu-waktu terjadi, kita sudah siap menghadapi kondisi terburuk," paparnya.

Ia pun mengimbau kepada warga yang tinggal di daerah rawan bencana alam untuk meningkatkan kesiapsiagaan selama musim penghujan.

Langkah ini menurutnya sejalan dengan upaya pemerintah dan aparat keamanan dalam meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap potensi bencana alam yang dihadapi.

Dengan kesiapan yang maksimal Polres Gowa, ia berharap dapat meminimalkan dampak negatif bencana alam dan memberikan perlindungan yang optimal bagi masyarakat. (Abdul Kadir)

  • Bagikan