Dua Hari di Makassar, Kaesang Dinilai Bakal Naikkan Elektoral PSI

  • Bagikan
Kaesang Pangarep

MAKASSAR, RAKYATSULSEL -Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep melakukan safari politik dengan mengunjungi Kota Makassar selama dua hari. Kunjungan pertama putra Presiden Joko Widodo ini mampu menaikan electoral PSI khususnya di Sulawesi selatan.

Selama di Makassar, Kaesang selain konsolidasi internal PSI dan bertemu dengan tim pemenangan Prabowo-Gibran, dia juga melakukan beberapa kunjungan mulai dari bersilaturahmi dengan tokoh agama, bertemu dengan para milenial hingga menghadiri pertandingan Game Milenial

Manajer Strategi Jaringan Suara Indonesia (JSI), Nursandy Syam mengatakan kunjungan Kaesang di Sulsel tak terlepas dari upaya PSI untuk menaikkan elektoralnya

"Selama ini kan, PSI hanya melakukan penetrasi melalui baliho dan atribut ruang publik lainnya," katanya.

Semakin intens Kaesang turun ke daerah dan melakukan kegiatan yang bersentuhan langsung ke masyarakat tentu akan semakin baik bagi PSI. Namun kata Sandi sapaan Nursandy itu belum cukup PSI bisa meraih kursi di Sulsel.

"Tak cukup hanya Kaesang seorang diri. Mesin parpol perlu digerakkan secara massif jika PSI ingin bersaing dengan parpol yang sudah mapan di Sulsel," singkatnya.

Pengamat Politik Universitas Hasanuddin (Unhas), Prof Sukri Tamma mengatakan jika orang lebih banyak berpandangan PSI itu partai yang bisa besar di Jakarta saja dan tidak terlalu banyak terdengar di daerah-daerah lain.

"Dengan kunjungan Kaesang pastinya mendapatkan efek karena PSI selama ini tidak terlalu banyak melakukan kegiatan," katanya.

Prof Sukri Tamma melanjutkan jika kunjungan Kaesang ke Sulsel ini sangat penting karena PSI telah mengikuti kontestasi politik pada Pemilu 2019 lalu namun dia tak mampu meraih kursi baik itu kabupaten/kota lebih-lebih lagi Provinsi. Berbeda dengan partai lain yang mampu meraih kursi di kabupaten/kota pada Pemilu 2019 walaupun kursi mereka masih kecil seperti Perindo dan Berkarya.

"Jadi Kaesang bisa memanfaatkan 'Jokowi Efek' karena biar bagaimanapun Kaesang merupakan putra Jokowi yang tidak bisa dipisahkan," ujarnya.

Kunjungan Kaesang juga tidak bisa di pandangan sebagai ketua umum PSI dan pastinya juga ada efek karena sebagian orang memandang siapa dibelakangnya yang tak lain Jokowi.

"Sehingga masyarakat melihat yang datang ini putra Jokowi, paling tidak simpatisan Jokowi bisa menentukan pilihan ke PSI," jelasnya. (Fahrullah/B)

  • Bagikan