Kekuatan Demokrat Dapil Sulsel III: Yakin Kembali Raih Satu Kursi

  • Bagikan
Dokumen Rakyat Sulsel

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Partai Demokrat Provinsi Sulawesi Selatan berkeyakinan mampu meraih satu kursi di daerah pemilihan (dapil) Sulsel III untuk DPR RI pada pesta demokrasi 2024 mendatang.

Ketua Demokrat Sulsel, Ni'matullah mengungkapkan, pihaknya optimistis kembali meraih satu kursi di dapil Sulsel III lantaran partai berlambang mercy ini memiliki kandidat petahana, yakni Muhammad Dhevy Bijak Pawindu.

“Kami masih optimis mempertahankan satu kursi,” ungkap Ni'matullah saat dikonfirmasi Harian Rakyat Sulsel, Kamis (14/12/2023).

Apalagi, lanjut Wakil Ketua DPRD Sulsel ini, dari tujuh calon anggota legislatif (caleg) hanya satu orang yang tidak kelihatan bergerak, dia ialah Rida Fauzia Qinvi, sementara enam caleg lainnya sudah bersosialisasi sekaligus menggalang dukungan di tengah masyarakat.

“Enam sudah jalan dan yang satu perempuan (Rida) tidak kencang bersosialisasi,” tuturnya.

Ni'matullah juga membeberkan bahwa para caleg tersebut berpotensi menggeser pertahanan Irjen. Pol (Purn) Drs. Frederick Kalelembang dan Dewi Sartika Pasande.

“Pergerakan mereka sangat kencang dan saya kira mereka juga memiliki peluang (duduk di Senayan),” jelasnya.

Hal senada diungkapkan oleh Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Demokrat Sulsel, Andi Januar Jaury Darwis. Dia menyatakan, dirinya masih optimis masih mampu mempertahankan satu kursi walau Demokrat tak memiliki lagi kader kepala daerah di Dapil Sulsel III.

Sebelumnya Demokrat memiliki ketua DPC di Kabupaten Pinrang, Andi Irwan Hamid, namun Andi Irwan Hamid kini memilih bergabung ke partai NasDem begitu juga di Luwu, kader terbaik mereka Syukur Bijak yang duduk sebagai wakil kepala daerah kini sudah meninggal dunia.

“Kami tetap optimis (bisa meraih kursi), emang kepala daerah yang atur (keterpilihan kader di Parlemen). Kan Rakyat lah yang menentukan (pilihan),” kata Andi Januar Jaury Darwis.

Dirinya pun menyebutkan seluruh caleg Demokrat di Sulsel III pun bergerak untuk bisa meraih suara sebanyak-banyak. “Demokrat tidak mungkin tidur. Hampir semua kandidat jalan, yang pasti itu kualitas itu bagus dan menjamin kursi,” jelasnya.

Direktur Nurani strategic, Nurmal Idrus melihat Demokrat masih mampu mempertahankan kursi di Sulsel 3 apalagi partai berlambang mercy ini masih memiliki petahana. “Kalau saya lihat Demokrat masih bisa mempertahankan kursi,” katanya.

Keterpilihan Devi Bijak pastinya ada keterlibatan orang tuanya, Syukur Bijak pada Pemilu 2019 lalu. Nurmal menyebutkan itu sudah pasti, tapi Pemilu 2024 ini walau Syukur Bijak tidak ada lagi pasti Devi masih memiliki peluang untuk kembali ke Senayan.

“Kan dia sebagai petahana dan sudah membangun jaringan, kemenangan sudah setengah dia pegang. Bedah 2019 lalu dia harus berdiri dan ditopang oleh bapaknya (Syukur Bijak) tapi saat ini sebagai petahana dia sudah memiliki tim sendiri,” pungkasnya. (Fahrullah/C)

  • Bagikan