Rombongan Bupati Lutim Disambut Secara Adat di Istana Datu Luwu

  • Bagikan

LUTIM, RAKYATSULSEL - Bupati Luwu Timur, H. Budiman didampingi Ketua TP PKK Lutim, Hj. Sufriaty, Wakil Bupati, Moch. Akbar A. Leluasa, Sekda H. Bahri Suli beserta jajaran melakukan prosesi "Mangngolo" atau mengunjungi Istana Langkanae Kedatuan Luwu, Sabtu (13/01/2024).

Mangngolo Pemerintah Kabupaten Lutim dalam rangka Peringatan Hari Jadi Luwu (HJL) dan Hari Perlawanan Rakyat Luwu (HPRL) Tahun 2024 ini disambut secara adat ketika akan memasuki Tabu-Tabuan Kedatuan Luwu.

Di Balariung Salassae Kedatuan Luwu, rombongan Bupati Luwu Timur telah dinanti Yang Mulia (YM) Cenning Luwu (Plt. Patunru), YM. Andi Sitti Huzaimah Mackulau Opu Daeng Ri Pajung, bersama Dewan adat 12 kedatuan Luwu diantaranya Opu Maddika Bua, Opu Jemma Tongang, Opu Tomarilaleng, Opu Andreguru Pampawa Epu, dan Komunitas Langkanae.

Sementara, Bupati Lutim H. Budiman dalam sepatah katanya mengucapkan terima kasih banyak kepada YM Cenning Luwu dan Dewan Adat 12 Kedatuan Luwu atas penerimaan yang sangat luar biasa.

Terkait peringatan HJL dan HPRL di Lutim, Budiman menyampaikan bahwa, kegiatan tersebut akan melibatkan enam kabupaten kota termasuk kedatuan Luwu. Enam daerah tersebut ialah Luwu, Kota Palopo, Luwu Utara, Luwu Timur, Kolaka dan Kolaka Utara.

"Jadi semua foto para Bupati melengket di undangan dan semua bertanda tangan. Sehingga, bahwa kegiatan itu dilaksanakan di Luwu Timur, tetapi tanggungjawab itu milik kita bersama untuk penghormatan Tana Luwu tersebut," tegas Budiman.

Adapun tema yang diangkat ialah "Bersama Kita Kuat, Tana Luwu Menjadi Hebat". Ini kesadaran menyatu dalam tatanan budaya dan tentu tatanan lain yang akan kita kembangkan bersama.

Lebih jauh Budiman mengungkapkan ialah, kegiatan yang akan dilaksanakan pada HJL dan HPRL ini diantaranya pertemuan Saudagar Tana Luwu.

Diakhir acara, Bupati Lutim disematkan Kawali oleh YM. Anreguru. Selanjutnya pemasangan Pin Kedatuan Luwu kepada Bupati Lutim dan istri serta Wakil Bupati Lutim oleh YM. Andi Sitti Huzaimah Mackulau Opu Daeng Ri Pajung, dan terakhir penyerahan cinderamata. (humas)

  • Bagikan