Firdaus Muhammad Sandang Gelar Guru Besar di UINAM, Kini Menanti Pengukuhan

  • Bagikan

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Kabar menggembirakan di awal tahun 2024. Dr Firdaus Muhammad meraih gelar guru besar dalam bidang Komunikasi Politik Islam.

Hal itu diketahui dari undangan Kementerian Agama RI tentang penyerahan Keputusan Menteri Agama (KMA) Guru Besar. Nama Firdaus Muhammad masuk dalam daftar yang akan menerima KMA Guru Besar dari UIN Alauddin Makassar.

Firdaus Muhammad yang dikonfirmasi terkait undangan penyerahan KMA Guru Besar, membenarkan bahwa dirinya meraih gelar profesor dal bidang Komunikasi Politik Islam UIN Alauddin Makassar.

"Alhamdulillah. Infonya saya baru dapat, Guru besar bidang Komunikasi Politik Islam," katanya, Rabu (17/1/2024).

Ia bersyukur atas pencapaian akademik tertinggi sebagai guru besar. Terlebih dalam kepakaran komunikasi politik Islam, yang masih jarang digeluti.

"Kalau selama ini kan yang banyak itu soal komunikasi dan politik. Kalau komunikasi politik Islam masih jarang kita temukan," ungkapnya.

Undangan penyerahan KMA Guru Besar dijadwalkan akan dilakukan di Ruang Rapat Dirjen Pendis Lt 7, Kantor Kemenag, Jalan Lapangan Benteng Barat Nomor 3-4 Jakarta Barat, pada Kamis, 18 Januari 2024.

Surat undangan yang diteken oleh Dirjen Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Ahmad Zainul Hamdi, sebanyak 60 dosen PTKIN se-Indonesia akan menerima KMA Guru Besar Rumpun Ilmu Agama.

Khusus UIN Alauddin Makassar, ada 6 dosen yang menerima KAM Guru Besar, masing-masing Dr Andi Miswar M.Ag, Dr H Hamzah, M.A, Dr Firdaus M.Ag, Dr Ahmad Musyahid Idrus S.Ag, M.Ag, Dr Muhaemin, S.Ag, MThI, MEd, dan Dr Muhammad Sabri M.Ag.

Firdaus Muhammad dalam perjalanan kariernya di UIN Alauddin Makassar, pernah menjabat sebagai Ketua Jurusan Jurnalistik Fakultas Dakwah dan Komunikasi selama dua periode.

Kemudian, dipercaya menjabat sebagai Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi periode 2019-2023.

Firdaus Muhammad aktif menulis tentang biografi ulama-ulama di Sulsel dan Sulbar. Tercatat, ada 200 lebih biografi ulama di Sulsel dan Sulbar pernah dia tulis.

Tidak hanya itu, Firdaus Muhammad juga produktif menulis buku. Sudah ada 20 buku yang ditulisnya.

Selamat kepada Firdaus Muhammad atas pencapaian tertinggi karir akademik sebagai guru besar Komunikasi Politik Islam UIN Alauddin Makassar. (Yadi/B)

  • Bagikan