Jumlah Pengungsi Banjir di Makassar Mulai Berkurang

  • Bagikan
Warga Blok 10, Kecamatan Manggala mulai mengungsi.

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Jumlah pengungsi banjir di Kota Makassar yang tersebar di Kecamatan Manggala dan Biringkanaya mulai berkurang.

Berdasarkan data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Makassar pertanggal 19 Januari 2024 mencatat, total pengungsi yang masih ada di posko sebanyak 462 jiwa atau 127 KK yang sebelumnya berjumlah 482 jiwa atau 131 KK.

Di Kecamatan Manggala di tujuh titik pengungsian dengan jumlah 445 jiwa atau 123 KK dan di Kecamatan Biringkanaya terdapat satu titik pengungsian dengan jumlah 17 jiwa atau 4 KK.

Tak hanya pengungsi, jumlah posko pengungsian juga turut berkurang dari sebelumnya 9 titik menjadi 8 titik pengungsian.

Sementara itu, ketinggian air di beberapa titik lokasi banjir juga mulai relatif menurun.

Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Kota Makassar, Hendra Hakamuddin berharap kondisi cuaca di Kota Makassar membaik supaya ketinggian air bisa surut dan pengungsi kembali lagi ke rumah masing-masing.

"Iya (berkurang pengungsi), Semoga cuaca terus membaik," terang Hendra.

Pihaknya juga meminta kepada masyarakat yang berada di wilayah rawan banjir agar melakukan persiapan waspada bencana.

"Jadi imbauan khusus masyarakat di titik rawan banjir agar terus memantau kondisi cuaca melalui kanal resmi pemerintah yakni BMKG," tutup Hendra.

Diketahui, cuaca ekstrem yang melanda Kota Makassar berlangsung hampir selama sepekan membuat dua kecamatan tergenang banjir pada Kamis (18/1/2024). (Shasa/B)

  • Bagikan