28 Kepala OPD Pemkab Ikuti Uji Kompetensi, Sekda Luwu: Job Fit sebagai Langkah Kritis Peningkatan Kualitas Layanan

  • Bagikan
Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama lingkup Pemerintah Kabupaten Luwu yang mengikuti Uji Kompetensi (Job Fit) yang digelar BPKSDM Kabupaten Luwu

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Pemerintah Kabupaten Luwu, melalui Badan Kepegawaian Sumberdaya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Luwu, menyelenggarakan Uji Kompetensi (Job Fit) untuk Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama di lingkup pemerintah Kabupaten Luwu.

Job Fit ini diselenggarakan bekerja sama dengan UPT Penilaian Potensi dan Kompetensi BKD Provinsi Sulawesi Selatan, di Gedung H Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan, pada Kamis (25/1) siang.

Job Fit merupakan rangkaian penilaian kesesuaian antara karakteristik individu pejabat tinggi seperti pengetahuan, keterampilan, kemampuan, dan kebutuhan serta tuntutan keinginan seseorang dalam pekerjaan.

Sekretaris Daerah Kabupaten Luwu, H Sulaiman, yang mewakili Bupati Luwu, H Basmin Mattayang, turut hadir membuka kegiatan ini. Ia menjelaskan bahwa pelaksanaan Job Fit dilakukan karena masih terdapat pimpinan OPD yang dianggap bekerja kurang maksimal.

"Job Fit dilaksanakan karena masih ada yang dianggap belum maksimal dalam melaksanakan tugasnya. Sebagian besar masa jabatannya sudah lebih dari dua tahun, namun ada juga yang kurang, tetapi tetap kita evaluasi. Ada dasarnya, ada edaran 6 bulan pejabat, bisa dievaluasi kembali," ungkap H Sulaiman.

Terakhir, mantan kepala BKPSDM Kabupaten Luwu itu menyampaikan harapannya agar peserta dapat mengikuti Job Fit dengan santai tanpa tekanan apa pun, sehingga mereka dapat dengan jelas mengeksplorasi kemampuan yang dimiliki oleh setiap pejabat Eselon II tersebut.

"Jangan tegang, anggap saja ini sebagai wadah kita berkumpul-kumpul silaturahmi, karena di Luwu kita jarang berkumpul sampai 28 orang ini. Tetapi tetap serius, agar bisa maksimal. Seperti pesan bupati, lakukan uji kompetensi, Insya Allah akan dilakukan rotasi, semata-mata untuk melihat di mana tempat yang paling pas," tutup Sulaiman.

Untuk diketahui, Job Fit kali ini diikuti oleh 28 peserta, termasuk Kepala BKPSDM Kabupaten Luwu, Andi Muhammad Ahkam Basmin, Kadis DLH, Hj. Enrika, Kadis Perkim, Sofyan Thamrin, Kepala BPKAD, Muh. Rudy, Kepala Bappelitbangda, Moh. Arsal, Kadis PUTR, Ikhsan Asaad, dan sejumlah Kadis lainnya. (Irwan)

  • Bagikan