TPD Ganjar-Mahfud di Sulsel, Siapkan Saksi Berlapis untuk Pengamanan Suara di TPS

  • Bagikan
Ketua TPD Ganjar-Mahfud Sulsel, dr Udin Malik Saputra (kanan) bersama Sekretaris TPD, dr Fadli Ananda (kiri)

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Menyikapi kekhawatiran terkait potensi pelanggaran dan dugaan kecurangan dalam Pileg dan Pilpres 2024, Tim Pemenangan Daerah (TPD) Ganjar-Mahfud di Sulsel menyiapkan saksi berlapis untuk mengawal TPS pada 14 Februari.

Ketua TPD Ganjar-Mahfud Sulsel, Udin Saputra Malik, menegaskan bahwa mereka membentuk tim berlapis untuk mengawal perhitungan suara di TPS hingga rekapitulasi KPU.

"Kita akan menyiapkan saksi, termasuk anggota umum dan tim hukum," ujarnya saat diwawancarai pada Kamis (25/1/2024).

"Saksi kita minimal tiga tingkat. Pertama, saksi untuk pilpres, kedua untuk pileg, dan ketiga untuk gurahi," tambahnya.

Dia menjelaskan bahwa saksi Gurahi merupakan regu pengarah pemilih. Gurahi berperan di luar saksi internal dan memiliki fungsi serupa dengan saksi.

"Selain mengawasi jalannya pencoblosan dan penghitungan suara, mereka juga bertugas memobilisasi pemilih. Secara keseluruhan, jumlahnya minimal tiga," jelasnya.

Terkait tim hukum, Udin mengatakan bahwa tim tersebut sudah lama terbentuk dan akan mengawal proses perhitungan suara. Tim hukum tersebut juga masuk dalam jajaran pengurus TPD.

"Kita memiliki direktorat hukum dan saksi. Dari situ, jika ada persoalan atau permasalahan, kita akan membentuk tim kecil yang fokus mengawal beberapa isu," tukasnya. (Yadi/B)

  • Bagikan