Kepergok Bobol Kotak Amal dan Gasak Uang Jemaah Ratusan Ribu, Seorang Remaja di Makassar Nyaris Dimassa Warga

  • Bagikan
Kotak amal yang dibobol pelaku.

MAKASSAR, RAKYATSULSEL -- Kepergok hendak membobol kotak amal Masjid, seorang remaja di Kota Makassar nyaris jadi bulan-bulanan warga.

Menurut informasi yang diperoleh, remaja berusia 14 tahun inisial MA itu berasal dari Kabupaten Sidrap. Dia kepergok saat melancarkan aksinya di salah satu Masjid di Kelurahan Mapala, Kecamatan Rappocini, Makassar.

Beruntung, saat MA kepergok warga pihak Kepolisian dari Polsek Rappocini segera tiba di TKP dan mengamankan pelaku.

Kapolsek Rappocini, Kompol Muhammad Yusuf saat dikonfirmasi mengenai peristiwa pembobolan kotak amal tersebut membenarkan. Kejadiannya disebut berlangsung sekitar pukul 07.40 Wita, Sabtu (27/1/2024) kemarin.

"Pelakunya sudah diamankan," ujar Yusuf kepada wartawan, Minggu (28/1/2024).

Yusuf mengungkapkan, saat melancarkan aksinya pelaku masuk ke dalam Masjid dan langsung menyasar kotak amal kemudian mencungkilnya.

Dari dalam kotak amal tersebut pelaku berhasil mengambil uang jamaah sebanyak Rp 821 ribu. Nahasnya, saat pelaku keluar dari Masjid dirinya kepergok oleh penjaga atau marbot Masjid dan langsung diamankan.

"Uang yang diambil di kotak amal Rp 821 ribu. Tapi saat mau keluar dari Masjid diliat sama penjaga Masjid, disitu diamankan," tutur Yusuf.

Selain mengamankan pelaku, Yusuf mengatakan, pihaknya juga turut menyita barang bukti rekaman CCTV di dalam Masjid.

Saat diinterogasi polisi, terungkap jika selama ini pelaku telah dua kali melakukan aksi yang sama di dua wilayah di Sulsel.

Melihat rekam jejak pelaku, Yusuf menduga pelaku tersebut memang merupakan spesialis maling kotak amal Masjid. Pasalnya, dia baru tiba di Makassar belum lama ini.

"Untuk sementara dugaannya memang pencuri lintas, dia spesialis dan kami cari informasi tempatnya dia mencuri," pungkasnya. (Isak/B)

  • Bagikan