Pj Gubernur Sulsel Gencar Ekspansi Pohon Sukun

  • Bagikan
KETGAM PENANAMAN SUKUN. Pj Gubernur Sulsel melakukan penanaman sukun di Bantimurung Kabupaten Maros, Selasa (30/1/2024).

MAROS, RAKYATSULSEL - Penjabat (Pj) Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin dalam beberapa waktu terakhir gencar melakukan ekspansi penanaman pohon sukun di hampir seluruh wilayah Sulsel.

Program Budidaya Sukun yang sebelumnya telah digaungkan oleh Bahtiar Baharuddin cukup masif dilakukan di beberapa wilayah lainnya juga telah dilakukan penanaman, seperti Bone, Sidrap, Soppeng dan beberapa wilayah lainnya.

Berdasarkan pantauan Rakyat Sulsel Penanaman sukun kali ini dilaksanakan bersama Bupati Maros Chaidir Syam, di Bantimurung, Selasa (30/1/2024).

Bupati menyampaikan, penanaman atau budidaya pohon sukun di Maros dilakukan di lokasi wisata, seperti Rammang-rammang dan Bantimurung.

"Kita kembali penanaman sukun disini, paling utama ini adalah program lanjutan untuk program sejuta sukun, termasuk di Rammang-rammang dan tempat wisata Bantimurung," kata Chaidir Syam.

Tak hanya penanaman sukun di dua lokasi itu, lanjut Chaidir Syam, penanaman juga akan dilakukan di lahan kosong, di bantaran sungai yang ada di taman nasional Bantimurung.

"Untuk pinggir sungai, di hutan-hutan juga akan kita tanami. Di Maros sesuai lahan, Pak Pj Gubernur minta kalau ada lahan yang kosong," ujarnya.

Sementara, Kepala Instalasi Pengamatan, Peramalan dan Pengendalian OPT atau IP3OPT Maros, Yumarto yang juga ikut melakukan penanaman menyampaikan, sukun merupakan pangan alternatif.

"Sukun ini pangan alternatif dan tanaman yang juga sudah banyak dikenal di masyarakat. Memang perlu dikembangkan supaya masyarakat juga ada pilihan," ujarnya.

Ia mengatakan, selama ini masyarakat hanya ketergantungan beras sebagai pangan utama. Menurutnya, sukun bisa menjadi pengganti, jika dibiasakan dikonsumsi.

Ia menambahkan, sukun cocok dikembangkan di Kawasan Bantimurung. "Di Bantimurung cocok. Kalau kita di Sulsel, hampir semua lahannya bisa. Makanya luar biasa program Pak Pj Gubernur," pungkasnya.

Sebelumnya diberitakan, Penjabat (Pj) Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin bersama dengan Bupati Maros Chaidir Syam dan fofkopimda melakukan penanam sukun di Rammang-rammang-Maros, Minggu (17/12/2023).

Bahtiar Baharuddin menyampaikan Geopark Rammang-rammang merupakan salah satu warisan yang harus dijaga kelestariannya. (Abu/B)

  • Bagikan