Tujuh Mantan Kada Saling Sikut di Dapil Sulsel III

  • Bagikan

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Perebutan kursi DPR RI Dapil Sulsel III dipastikan sengit. Setidaknya ada tujuh mantan kepala daerah (Kada) bakal saling sikut meraih kursi Senayan.

Dua dari tujuh mantan kepala daerah tersebut berstatus sebagai petahana. Mereka yakni La Tinro La Tunrung (Gerindra) dan Rusdi Masse (NasDem).

Adapun lima mantan kepala daerah lainnya berstatus sebagai penantang. Mereka yakni mantan Bupati Luwu 2 periode HA Mudzakkar. Ia maju lewat Partai Gerindra. Lalu, ada mantan Wali Kota Palopo 2 periode HM Judas Amir yang maju lewat Partai NasDem.

Ada juga mantan Bupati Pinrang, Aslam Patongani yang maju juga lewat NasDem. Terus ada mantan Bupati Enrekang, Muslimin Bando yang maju dengan mengendarai PAN dan Mantan Bupati Tana Toraja, Kalatiku Paembonan melalui Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

Dapil Sulsel III sendiri meliputi Kabupaten Sidrap, Pinrang, Enrekang, Tana Toraja, Toraja Utara, Luwu, Luwu Utara, Luwu Timur dan Kota Palopo.

Manajer Strategi dan Operasional Jaringan Suara Indonesia (JSI) Nursandy Syam menilai, petahana Rusdi Masse dan La Tinro La Tunrung masih berpotensi untuk kembali ke Senayan. “Potensinya masih sangat besar untuk kembali terpilih,” katanya.

Sementara pendatang baru seperti Andi Aslam, Cakka (Andi Mudzakkar), Kalatiku perlu kerja lebih ekstra menghadapi pesaing utama di internal partai. “Peluang mereka akan ditentukan oleh capaian suara personal dan perolehan kursi dari masing-masing partai,” ujarnya.

Ia memprediksi jika Partai NasDem dan Gerindra mampu meraih dua kursi di Dapil Sulsel III. "Karena pergerakan caleg-caleg mereka lebih masif. Kalau kita melihat pergerakan dari caleg-caleg NasDem, perolehan dua kursi kemungkinan besar bisa diraih dan punya potensi meningkat jadi tiga kursi. Sementara Gerindra peluang mendapatkan dua kursi masih cukup potensial namun peluangnya tidak lebih besar dari NasDem,” jelasnya.

Sementara itu, Direktur Eksekutif PT Indeks Politica Indonesia (IPI), Suwadi Idris Amir memprediksi jika petahana La Tinro La Tunrung (Gerindra) dan Rusdi Masse (NasDem) masih akan mengamankan kursinya.

“Kalau saya melihat La Tinro dan RMS masih berpotensi aman, karena mereka masih merawat basis mereka dan dia juga kan petahana,” kata Suwadi.

Sementara Andi Aslam kata Suwadi, harus bekerja keras untuk mengincar kursi kedua. "Karena caleg NasDem lainnya seperti Putri Dakka dan Eva Stevany Rataba (Petahana) juga bergerak dengan masif. Jadi Pak Aslam berpotensi meraih kursi kedua, tapi dia harus bersaing dengan Putri Dakka dan ibu Eva,” ujarnya.

Ketua DPD Gerindra Sulsel, Andi Darmawan Aras percaya diri dengan kehadiran kader-kader terbaiknya mampu mengamankan kursi di Dapil Sulsel III.

"Kita punya caleg-caleg terbaik di 3 Dapil Sulsel. Kader-kader Gerindra akan bekerja maksimal untuk meraih 2 kursi setiap dapil," kata Andi Iwan yang merupakan Wakil Ketua Komisi V DPR RI.
Sementara Ketua DPW PAN Sulsel, Ashabul Kahfi berharap, dengan kehadiran Muslimin Bando, PAN bisa mempertahankan kursi DPR RI di dapil tersebut. "Kami yakin (kursi PAN tetap aman di dapil Sulsel III). Karena Pak MB ini mantan bupati," jelasnya. (Fahrullah/B)

  • Bagikan