Edukasi KPPS, KPU Parepare Simulasi Pungut Hitung Suara

  • Bagikan

  • Pemkot Apresiasi sebagai Wujud Transparansi

PAREPARE, RAKYATSULSEL -- KPU Kota Parepare menggelar kegiatan Simulasi Pemungutan dan Perhitungan Suara serta Penggunaan Sistem Informasi Rekapitulasi (SIREKAP) yang dilaksanakan di halaman kantor KPU Parepare, Rabu (31/1/2024).

Simulasi itu pun diapresiasi oleh Penjabat (Pj) Wali Kota Parepare, Akbar Ali yang diwakili Kepala Satpol PP Parepare, Andi Ulfah Lanto dalam sambutan tertulis.

Ulfah Lanto dalam sambutan mengatakan, bahwa kegiatan simulasi ini merupakan langkah konkret dalam menjamin pelaksanaan Pemilu yang transparan dan akuntabel di Parepare.

Ulfah menekankan, simulasi ini bukan sekadar rutinitas teknis, melainkan sebuah bentuk nyata dari kesiapan menghadapi pesta demokrasi. Pemungutan dan perhitungan suara adalah fondasi dari kepercayaan masyarakat terhadap integritas suatu pemilihan. Dengan adanya simulasi, dapat mengidentifikasi potensi permasalahan, merancang solusi, dan memastikan setiap tahap pemilihan berjalan dengan lancar.

"Penggunaan SIREKAP sebagai sistem informasi rekapitulasi memberikan keunggulan dalam hal efisiensi dan akurasi. Dengan teknologi ini, kita dapat meminimalkan risiko kesalahan dan memastikan data tercatat dengan tepat. Ini adalah langkah positif dalam mewujudkan pemilu yang bersih dan berintegritas," kata Ulfah.

"Sistem ini memungkinkan kita untuk mencatat dan menyajikan hasil pemilihan dengan lebih cepat dan akurat. Kecepatan dan akurasi inilah yang akan memperkuat integritas dan legitimasi hasil pemilihan," lanjutnya.

Atas terselenggaranya kegiatan ini, Ulfah atas nama Pemerintah Kota Parepare memberikan apresiasi kepada seluruh pihak yang terlibat dalam persiapan simulasi, baik penyelenggara Pemilu, tim teknis, maupun semua stakeholder terkait.

Ulfah mengemukakan bahwa simulasi yang diselenggarakan oleh KPU Parepare ini menjadi momentum untuk terus mengedepankan semangat gotong royong dan kolaborasi. Keterlibatan seluruh elemen masyarakat dalam pengawasan dan pelaksanaan Pemilu sangatlah penting.

"Saya mengajak semua pihak, terutama para pemilih, untuk mendukung proses ini dengan memberikan masukan dan melibatkan diri secara aktif," pinta Ulfah.

Hadir dalam simulasi, Ketua KPU Parepare, Muh Awal Yanto beserta jajarannya, Forkopimda Parepare, Kepala Badan Kesbangpol Parepare Rustan Asta, Bawaslu Parepare, utusan partai politik, dan stakeholder terkait.

Kegiatan simulasi itu sebagai upaya untuk memberikan pemahaman kepada Petugas KPPS agar tak salah dalam menunaikan tugas saat hari H pelaksanaan Pemilu. (*)

  • Bagikan