Pemkot Makassar Lelang 7 Jabatan Eselon II

  • Bagikan

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Tujuh jabatan yang lowong di lingkup Pemerintah Kota Makassar akan segera terisi. Pasalnya, Pemerintah Kota Makassar melalui Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Makassar resmi membuka Seleksi Terbuka Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP) Lingkup Pemerintah Kota Makassar.

Tujuh jabatan yang lowong, yakni Satuan Polisi Pamong praja (Satpol PP), Dinas Lingkungan hidup (DLH), Dinas Sosial (Dinsos), Dinas Perpustakaan, Dinas Ketahanan Pangan (DKP), Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) dan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora).

Pendaftaran seleksi terbuka JPTP ini berlangsung selama dua pekan mulai tanggal 2 hingga 16 Februari 2024. Para peserta dapat mendaftarkan diri melalui website www.bkpsdm.makassar.go.id.

Adapun persyaratan dalam mengikuti seleksi terbuka JPTP lingkup Pemkot Makassar yakni peserta merupakan seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS) berusia maksimal 56 tahun saat pelantikan, memiliki pangkat/golongan ruang setidaknya Pembina (IV/a), dan pernah menjabat sebagai Administrator/Eselon IIIa atau dalam Jabatan Fungsional Ahli Madya selama minimal 2 tahun, atau untuk eselon III.b minimal 3 tahun.

Selain itu, pelamar diharuskan memiliki kualifikasi pendidikan minimal strata satu (S1) atau diploma IV, serta pengalaman jabatan di bidang yang terkait dengan jabatan yang akan diisi selama minimal 5 tahun. Para peserta tidak boleh sedang atau pernah menjalani hukuman disiplin tingkat sedang/tingkat berat dalam setahun terakhir.

Persyaratan lainnya, termasuk memiliki kompetensi teknis, manajerial, dan sosial kultural sesuai dengan standar kompetensi jabatan, serta rekam jejak jabatan, integritas, dan moralitas yang baik.

Peserta yang berasal dari Jabatan Struktural diwajibkan lulus Diklat Pim III atau Pelatihan Kepemimpinan Administrator, dan diutamakan telah lulus Diklatpim Tingkat II atau Pelatihan Kepemimpinan Nasional.

Selain itu, pelamar harus dalam keadaan sehat jasmani dan rohani, mengajukan surat lamaran kepada Panitia Seleksi Terbuka Eselon II Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama, dan mendapatkan persetujuan/rekomendasi dari Pejabat yang Berwenang atau Pejabat Pembina Kepegawaian, tergantung dari lingkup asal pelamar.

Setiap pelamar dapat mendaftar maksimal untuk 3 jabatan pimpinan tinggi pratama yang dibuka. Para peserta juga harus memiliki surat tanda tamat pendidikan dan latihan Penyidik Pegawai Negeri Sipil Penegak Perda atau menyatakan kesediaan untuk mengikuti pendidikan dan latihan tersebut, khususnya bagi pelamar JPT Kepala Satuan Polisi Pamong Praja. Terakhir, seluruh pelamar diwajibkan mengikuti setiap tahapan jabatan yang dilamar.

Kepala BPKSDM Kota Makassar Akhmad Namsun mengatakan, seleksi lelang JPT ini terbuka seluas-luasnya bagi siapa saja yang memenuhi syarat untuk ikut.

Ia mengatakan Tim Panitia Seleksi (Pansel) memberikan peluang yang sama kepada pejabat yang memenuhi syarat untuk meningkatkan posisi sesuai dengan kompetensi dan profesionalisme mereka.

"Izin dari KASN telah kami terima. Lelang jabatan ini dibuka secara umum, tentu punya peluang yang sama kepada seluruh aparatur yang memenuhi syarat bisa berjuang bersama dan punya kompetensi dan kemampuan profesional yang baik terhadap jabatan yang shelter tentu memiliki pengawasan yang sama," terang Namsun, sapaan akrabnya, pada Jumat (2/2/2024).

Adapun tim pansel berisi lima orang yang terdiri dari dua tim internal Pemkot Makassar yakni Pj Sekda Kota Makassar, Firman Hamid Pagarra, BPKSDM Makassar dan tiga dari akademisi yaitu Prof Aminuddin Ilmar, Prof Nur Bahri dan Kepala Pusat LAN Makassar Andi Muhammad Taufik. (Shasa/B)

  • Bagikan