Launching Tahap 1 CBP Tahun 2024, Basli Ali: Murni untuk Meringankan Beban Masyarakat

  • Bagikan
Bupati Kepulauan Selayar H. Muh. Basli Ali secara resmi meluncurkan penyaluran bantuan pangan Cadangan Beras Pemerintah (CBP) Tahap 1 Tahun 2024.

KEPULAUAN SELAYAR, RAKYATSULSEL - Bupati Kepulauan Selayar H. Muh. Basli Ali secara resmi meluncurkan penyaluran bantuan pangan Cadangan Beras Pemerintah (CBP) Tahap 1 Tahun 2024, sekaligus menyerahkan secara simbolis bantuan kepada warga.

Acara peluncuran ini dihadiri oleh seluruh Unsur Forkopimda, Jajaran Pejabat Pemkab Selayar, Pimpinan Forum Bulog Cabang Bulukumba, serta ratusan warga penerima manfaat, berlangsung di Pendopo Dekranasda pada Senin (5/2) pagi.

Dalam sambutannya, Basli Ali menyatakan bahwa penyelenggaraan penyaluran CBP untuk pemberian bantuan pangan adalah bagian dari program nasional untuk mengatasi kemiskinan ekstrim, kerawanan pangan dan gizi, penurunan stunting, menjaga stabilitas harga, pengendalian inflasi, serta melindungi produsen dan konsumen dari dampak fluktuasi harga akhir-akhir ini.

Bupati menegaskan bahwa penyaluran bantuan ini bertujuan murni untuk meringankan beban pengeluaran masyarakat penerima bantuan.

"Ini murni untuk meringankan beban masyarakat, jadi dalam penyalurannya untuk tidak dikait-kaitkan dengan proses kontestasi yang sedang berlangsung," tegasnya.

Bupati menginstruksikan kepada seluruh OPD terkait, para Camat, Lurah, dan Kepala Desa beserta jajarannya di tingkat bawah untuk mengambil langkah taktis agar bantuan dapat secepat mungkin diketahui dan sampai ke penerima manfaat sesuai target yang telah ditentukan.

Norin Samma, mewakili Pimpinan Forum Bulog Cabang Bulukumba, menjelaskan bahwa jenis pangan yang akan disalurkan adalah bantuan beras sebesar 121,7 ton yang akan dibagikan kepada 12.170 KK setiap bulan.

Bantuan tersebut tersebar di seluruh Kecamatan baik Daratan maupun Kepulauan. Setiap penerima bantuan pangan akan mendapatkan bantuan beras sejumlah 10 kg setiap bulan selama 6 bulan mulai bulan Januari hingga Juni 2024.

Tahap I akan diberikan pada bulan Januari-Maret 2024, dan Tahap II diberikan pada bulan April-Juni 2024. (***)

  • Bagikan