BMKG: Sebagian Besar Wilayah Indonesia Berpotensi Hujan Lebat

  • Bagikan
ilustrasi hujan lebat

RAKYATSULSEL –Sebagian besar wilayah di Indonesia berpotensi mengalami hujan lebat yang disertai petir dan angin menurut peringatan dini cuaca Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG). Termasuk beberapa provinsi di Sumatera, Jawa, dan Kalimantan, pada Rabu (7/2).

Berdasarkan laman BMKG seperti dilansir dari Antara, hujan deras diprakirakan turun di wilayah di Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, dan Lampung. Selanjutnya Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, D.I. Jogjakarta dan Jawa Timur.

Hujan dengan intensitas tinggi juga berpeluang terjadi di Nusa Tenggara Timur. Selain itu Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Selatan. Demikian pula Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, serta Papua.

Sementara wilayah DKI Jakarta, Bali, dan Nusa Tenggara Barat berpotensi mengalami hujan dengan intensitas yang lebih ringan.

Secara khusus beberapa kota besar di Nusantara memiliki potensi mengalami hujan petir termasuk Jambi, Surabaya, Samarinda, dan Tarakan. Hujan sedang diprakirakan terjadi di Kota Jogjakarta, Bandung, Ambon, dan Makassar.

BMKG juga memperingatkan sejumlah provinsi dalam kategori waspada akibat dampak hujan pada hari ini (7/2). Yakni Jambi, Sumatera Selatan, Lampung, Jawa Barat, Jawa Tengah, D.I. Jogjakarta, Jawa timur, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Utara, Sulawesi Selatan, Papua Barat, dan Papua.

Khusus DKI Jakarta, hujan ringan diprakirakan turun di wilayah Jakarta Selatan dan Kepulauan Seribu pada siang hari ini. Dengan wilayah lain akan menikmati cuaca berawan atau cerah berawan.

  • Bagikan