Parpol Sulit Raih Dua Kursi di Dapil Sulsel 1 DPR RI

  • Bagikan
Nurmal Idrus

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Pemilihan Legislatif (Pileg) tinggal menghitung hari, di mana setiap Partai Politik (Parpol) menetapkan target ambisius untuk meraih lebih dari satu kursi di Daerah Pemilihan (Dapil). Khususnya di Sulsel 1 DPR RI, Direktur Nurani Strategic, Nurmal Idrus, menilai sulit bagi Parpol untuk mencapai dua kursi.

Nurmal mencatat bahwa Partai Nasdem, yang tidak memiliki kandidat petahana, memiliki persaingan antara Fatmawati Rusdi (mantan Wali Kota Makassar) dan Ketua DPRD Makassar, Rudianto Lallo.

"Di Golkar saat ini, ada empat kandidat yang bersaing. Hamka B Kady (petahana), Liestiaty F Nurdin (istri mantan Gubernur Sulsel), Emil Aben, dan Ajieb Padindang. Juga ada Hamsiah Iksan (istri mantan Bupati Jeneponto)," kata Nurmal Idrus.

Nurmal juga mencatat persaingan dalam PKB antara H Haruna (petahana), Syamsu Rizal (Deng Ical), dan Bahar Ngitung alias Obama. Sementara untuk Demokrat, potensi terlihat pada Aliayah Mustika Ilham.

Tentang Gerindra, menurut Nurmal, sulit diprediksi seperti halnya Golkar dan Nasdem karena persaingan ketat antara Najamuddin dan Azikin Solthan.

"PDIP relatif masih didominasi oleh A Ridwan Wittiri (Petahana). Sedangkan PAN, posisinya masih kuat dengan Ashabul Kahfi yang belum tersaingi," ujarnya.

PKS dianggap menarik karena pada 2019, partai ini tidak memiliki kursi. Namun, kini memiliki potensi untuk mendapatkan kursi.

  • Bagikan