Pemkab Selayar Gandeng Kemenaker dan BPVP Bantaeng Latih Pelaku Usaha Tingkatkan Produktivitas

  • Bagikan

KEPULAUAN SELAYAR, RAKYATSULSEL – Wakil Bupati Kepulauan Selayar, H. Saiful Arif, SH, Membuka Pelatihan Peningkatan Produktivitas untuk Pelaku Usaha, Senin (19/2/2024).

Pembukaan pelatihan, yang diadakan di Baruga Dekranasda, merupakan hasil kerja sama antara Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar, Kementerian Ketenagakerjaan RI, dan Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BPVP) Kabupaten Bantaeng.

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Saiful Arif menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar bertujuan untuk menciptakan wirausaha baru sesuai dengan visi yang tertuang dalam RPJMD Tahun 2021-2026. Tujuannya adalah agar UMKM menjadi pilar ekonomi yang tangguh, yang didasarkan pada kemandirian lokal dan keunggulan wilayah.

“Pelatihan vokasi dan produktivitas ini mengedepankan penerapan ilmu. Ini bukan hanya teori belaka. Meskipun teori, namun harus diaplikasikan dan dijabarkan untuk meningkatkan keterampilan dan pendapatan,” ujar Saiful Arif usai membuka pelatihan tersebut.

Wakil Bupati juga menjelaskan bahwa produktivitas bukan hanya tentang hasil, namun juga harus mempertimbangkan modal yang digunakan.

“Tidak menguntungkan jika hasilnya banyak tetapi modalnya lebih besar. Itulah inti dari konsep produktivitas yang saya sampaikan kepada peserta pelatihan,” jelasnya.

Sementara itu, subkoordinator peningkatan produktivitas BPVP, Sapri, menjelaskan bahwa pelatihan peningkatan produktivitas telah berjalan selama dua tahun. Tahun ini, pelatihan tersebut dilaksanakan di Kabupaten Kepulauan Selayar karena daerah ini merupakan binaan dari BPVP Bantaeng.

“Pelatihan ini berlangsung selama empat hari dan pesertanya adalah pelaku UKM dan IKM. Kami menghadirkan pemateri dari inkubator UKM Makassar yang merupakan praktisi yang telah berpengalaman dalam pembinaan pelaku UKM,” jelasnya. (***)

  • Bagikan